Asyik, Pemkab Madiun Kembangkan Segulung Jadi Desa Wisata Durian
Warga memadati arena Festival Durian di Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Sabtu (26/1/2019) siang. (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun akan fokus mengembangkan Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, sebagai desa wisata durian. Hal itu karena melihat potensi wisata di Desa Segulung sudah ada dan hanya perlu dikembangkan.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengatakan di Kabupaten Madiun ada empat kecamatan yang menjadi penghasil durian yaitu Kecamatan Dagangan, Kecamatan Dolopo, Kecamatan Kare, dan Kecamatan Gemarang.

Namun, saat ini yang menjadi titik konsentrasi pengembangan baru di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan. Dia menyampaikan pemkab akan selalu menjaga harga jual durian supaya harganya tidak turun, terutama saat panen raya seperti sekarang.

"Kami juga akan mengundang pihak profesional untuk memberikan pelatihan kepada petani supaya dapat mengolah durian menjadi produk olahan yang diminati masyarakat," ujar dia di acara Festival Durian di Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Sabtu (26/1/2019).

Kaji Mbing, sapaan akrab Bupati Madiun, berharap petani maupun masyarakat setempat juga dapat berinovasi untuk mengolah durian menjadi berbagai produk olahan seperti roti, kripik, dan lainnya. Selain produknya inovatif, olahan durian juga harus didukung dengan kemasan menarik.

Tak hanya mengandalkan durian, kata Kaji Mbing, festival ini juga memamerkan produk unggulan beberapa desa di Kecamatan Dagangan. Seperti di Desa Sewulan dengan memamerkan batik song-song.

Dalam acara festival ini juga ada lomba untuk membuat produk olahan dari durian. Nantinya produk olahan itu akan dijadikan oleh-oleh khas Madiun.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho