SOLOPOS.COM - Pelajar Salatiga saat pulang sekolah menggunakan angkota. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA–Pelajar di Kota Salatiga akan mendapatkan kupon gratis naik angkutan kota (angkota).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Salatiga Sri Satuti mengatakan program ini sebagai upaya meningkatkan kembali minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Ke depan kan harapannya angkutan di Indonesia itu kan angkutan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kita tahu kalau pagi jam sekolah kan macet,” jelas dia, Jumat (28/10/2022).

Dia menjelaskan memang saat ini tantangan transportasi umum harus bersaing dengan moda transportasi online dan mudah diakses.

“Apalagi persaingan jasa transportasi sangat luar biasa. Sehingga pemberian kupon gratis itu juga sekaligus sebagai pembelajaran anak-anak agar bisa mengurangi kemacetan,” terang Satuti.

Satuti mengaku akan memberikan 811 kupon gratis naik angkutan umum untuk anak sekolah.

Jumlah itu berdasarkan data sekolah yang ada di Salatiga, siswa yang setiap hari menggunakan transportasi umum angkota.

Pemberian itu akan berlangsung selama delapan pekan. Bersamaan juga dengan pemberian kupon subsidi BBM. Saat ini pihaknya sudah mengantongi data siswa yang setiap hari menggunakan angkota.

“Sudah berjalan Senin lalu, setiap anak sehari akan mendapatkan dua kupon untuk berangkat dan pulang. Namun sepekan hanya lima hari atau 10 kupon,” papar dia.

Satuti mengaku hal itu dilakukan juga dalam rangka mencegah terjadinya inflasi di daerah.

Pihaknya menggelontorkan anggaran senilai Rp1,3 miliar untuk subsidi BBM pengemudi angkutan umum dan gratis naik angkutan umum bagi pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya