Kategori: Solo

Asyik! Layanan GeNose Tersedia Di Solo Balapan Mulai Senin 15 Februari


Solopos.com/Farida Trisnaningtyas

Solopos.com, SOLO -- Setelah sempat tertunda, layanan tes Covid-19 GeNose akhirnya bakal tersedia di Stasiun Solo Balapan mulai Senin (15/2/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah enam stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 tersebut

Sebelumnya layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. Enam stasiun tambahan ini termasuk Stasiun Solo Balapan, kemudian Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

Biaya layanan tes tersebut hanya Rp20.000. "Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan kami bagi pelanggan untuk pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," kata Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, kepada wartawan, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Berhari-Hari Warga Banaran Sukoharjo Diteror Ular, 3 Ekor Ditemukan Di Lapangan

Layanan pemeriksaan GeNose C19 termasuk di Stasiun Solo Balapan merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Menurutnya, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan ditambah secara bertahap. Supriyanto memaparkan sejak dibuka pada 3-12 Februari 2021, KAI telah melayani 21.530 peserta GeNose C19 di stasiun.

Pada sisi lain, sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan KA jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau tes cepat antigen atau RT-PCR.  Sampel tes tersebut diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Baca Juga: Bikin Bangga, Flyover Purwosari Solo Dibangun Pakai Teknologi Karya Anak Bangsa

Syarat Pemeriksaan

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum jam keberangkatan. Ada beberapa syarat untuk dapat mendapat layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun termasuk Solo Balapan.

Syarat tersebut yakni calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih).

Hal itu untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Saat peneriksaan calon penumpang mesti meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk di lokasi.

Baca Juga: Sudah 10 Hari Mulut Luweng di Pracimantoro Wonogiri Belum Juga Ditemukan, Warga Tak Menyerah!

PT KAI akan memastikan yang boleh naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah. Pelanggan KA diimbau mematuhi seluruh protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, membenarkan layanan pemeriksaan GeNose di stasiun bisa diakses pelanggan mulai Senin (15/2/2021). “Sudah [alat]. Layanan pemeriksaan mulai 15 Februari 2021,” jelasnya.

Sebelumnya, layanan tes genose ini sempat diinformasikan tersedia di Stasiun Solo Balapan mulai 5 Februari. Namun, layanan itu ternyata belum bisa diakses.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih