Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

 
Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi melakukan tes acak kepada siswa dan guru di SMPN 2 Wedi, Rabu (1/12/2021).(Satgas Covid-19 Wedi)

SOLOPOS.COM - Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi melakukan tes acak kepada siswa dan guru di SMPN 2 Wedi, Rabu (1/12/2021).(Satgas Covid-19 Wedi)

Solopos.com, KLATEN — Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi, Klaten menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak. Hasilnya, seluruh siswa dan guru yang mengikuti tes acak itu negatif Covid-19.

Tes acak dilakukan di SMPN 2 Wedi, Desa Pasung, Rabu (1/12/2021). Sebanyak 10 siswa dan dua guru mengikuti tes tersebut dengan pengawasan dari Satgas Penanganan Covid-19 kecamatan.

“Hasilnya semua negatif Covid-19,” kata Camat Wedi, Rizqan Iryawan, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Satu Pasien Sembuh, Kecamatan Delanggu Klaten Terbebas dari Covid-19

Rizqan yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi mengatakan saat tes acak itu digelar, ada doorprize. Musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) memberikan apresiasi kepada siswa yang mengikuti tes acak tersebut.

“Siswa yang mengikuti tes antigen diberi doorprize. Dalam bentuk uang. Jumlahnya tidak seberapa. Namun itu sebagai bentuk apresiasi kepada mereka sudah bersedia mengikuti tes acak,” kata Rizqan.

Dia menjelaskan tes acak dilakukan rutin setiap bulan menindaklanjuti instruksi dari Satgas Penanganan Covid-19 Klaten. Selama ini, tak ada temuan kasus Covid-19 dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Wedi. Aktivitas PTM terbatas di Wedi dipastikan sudah sesuai protokol kesehatan dan pembatasan yang diberlakukan.

Baca juga: Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Sebelumnya, Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan tes acak yang digelar pada awal Desember 2021 sebagai upaya pencegahan dini yang rutin dilakukan sekali dalam sebulan sejak PTM terbatas bergulir. Jika dari hasil tes antigen ditemukan kasus positif Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 segera melakukan tes PCR untuk memperkuat diagnosis.

Jika dalam tes PCR itu dinyatakan positif Covid-19, Satgas segera menutup aktivitas PTM terbatas di sekolah setempat. Selama ini, belum ada temuan kasus Covid-19 dari kegiatan PTM di Klaten.

Ronny mengatakan tes acak dilakukan pada awal Desember 2021 sekaligus untuk memastikan kondisi Klaten menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru). “Karena pada beberapa daerah, kenaikan kasus awalnya dari kegiatan PTM. Ini menjadi salah satu strategi kami [menghadapi libur Nataru],” jelas dia.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Koperasi Simpan Pinjam Makin Dibutuhkan, Gagal Bayar Harus Dicegah

Kini koperasi simpan pinjam makin dibutuhkan masyarakat. Seiring dengan itu sistem pengawasan yang makin ketat dibutuhkan demi mencegah gagal bayar.

2 Pekan Setelah Nataru, Solo Kembali Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19

Pemkot Solo kembali mencatat tambahan kasus baru Covid-19 dua pekan setelah libur Nataru, masing-masing dua kasus pada Minggu dan satu kasus pada Senin.

Lagi, Polres Karanganyar Razia Knalpot Brong di Tawangmangu, 15 Keciduk

Polres Karanganyar menggencarkan razia sepeda motor dengan knalpot brong di kawasan wisata, terutama Tawangmangu.

Colek dan Pukul Biduanita lalu Kabur, Bento Kalikotes Dinilai Pengecut

Perwakilan paguyuban seniman dan seniwati Klaten (Sekaten) mengatakan Bento Kalikotes pengecut karena menghilang setelah melecehkan dan memukul biduanita saat hajatan.

Asal Mula Nama Pertapaan Bancolono Tawangmangu Petilasan Brawijaya V

Ini asal mula nama Pertapaan Bancolono, Tawangmangu, Karanganyar yang merupakan petilasan Brawijaya V.

Penyuntikan Vaksin Booster di Sragen Dimulai Besok, Ini Syaratnya

Dinkes Sragen hingga Senin (17/1/2022) sore masih mengambil stok vaksin untuk booster di Semarang. Ada tiga jenis vaksin yang disiapkan untuk penyuntikan vaksin booster besok.

15 Hari 763 Kendaraan Kena Tilang ETLE di Sukoharjo, Ini Pelanggarannya

Kamera ETLE akan ditambah di sejumlah wilayah di Sukoharjo, diharapkan melalui langkah tersebut tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara semakin meningkat.

Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Gedung Solo Convention and Exhibition (SCE) berkapasitas belasan ribu orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, sudah ditawarkan kepada investor.

Diduga Karena Tungku Belum Padam, Dapur Warga Karanganyar Kebakaran

Dapur warga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar kebakaran pada Minggu (16/1/2022). Penyebabnya diduga karena tungku belum padam.

Wedang Ronde Porsi Jumbo di Sukoharjo, Murah dan Menghangatkan

Wedang ronde porsi jumbo dengan harga murah dan segar dapat dibeli di warung milik pria asal Sukoharjo.

Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Satresnarkoba Polresta Solo mengungkap delapan kasus penyalahgunaan narkoba dan menangkap 10 orang pelaku baik pengedar, kurir, maupun pemakai.

Perlu Peran Akademisi untuk Atasi Kekeringan di Gilirejo Baru Sragen

Upaya mitigasi bencana kekeringan di Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen, perlu melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

Duh, 86 Ha Sawah di Bulu Sukoharjo Terendam Banjir Luapan Kali Buntung

Hujan yang mengguyur wilayah Sukoharjo mengakibatkan ketinggian air Kali Buntung bertambah signifikan pada Minggu (16/1/2022) malam.

Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.

Vaksinasi Anak Dosis II Boyolali Dimulai, Targetkan 5.360 Sasaran

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.