SOLOPOS.COM - Ilustrasi Prameks (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi Prameks (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JAKARTA — Kementerian Perhubungan akan memberi subsidi tiket KA Prambanan Ekspes (Prameks). Dengan subsidi itu maka harga tiket Kereta Prameks untuk bisnis dan AC turun Rp 4.000 per tiket, masing-masing menjadi Rp 6.000 dan Rp 16.000. Penurunan tarif karena harga tiket Prameks sudah dianggap kemahalan oleh masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hanggoro Budi Wirjawan belum bisa memastikan waktu dimulainya penurunan tarif tersebut.

“Adanya permintaan masyarakat Yogyakarta agar penumpang KA Prameks mendapatkan subsidi PSO (Public Service Obligation),” kata dia saat berdiskusi dengan media di Hotel Millenium Jakarta, Rabu (22/05/2013).

Pemerintah saat ini terus menggodok tarif kereta dengan rute Yogyakarta-Solo-Kutoarjo itu. Namun jika tarif tersebut akan diturunkan, KA Prameks akan berganti status menjadi kereta api ekonomi karena mendapatkan bantuan subsidi pemerintah pusat. Namun bukan berarti mengurangi untuk memberikan layanan terbaik kepada penumpang, kenyamanan dan ketepatan waktu perjalanan akan tetap dipertahankan.

“Kereta KA Prameks atau Prambanan Ekspres itu ada dua kelas yaitu Prameks bisnis dengan harga Rp 10.000/penumpang dan Prameks AC dengan harga Rp 20.000/penumpang. Kita ajukan PSO sebesar Rp 4.000. Jadi kita pasang mereka menjadi ekonomi maka tarif menjadi Rp 6.000 dan Rp 16.000,” jelasnya.

Untuk itu diperlukan dana alokasi PSO khusus KA Prameks sebesar Rp 10,5 miliar. Alokasi anggaran untuk PSO kereta diesel sendiri di tahun 2013 sebesar Rp 15 miliar. “Dengan prediksi jumlah penumpang Juni hingga Desember 2013 sebesar 1,8 juta, maka kebutuhan dana subsidi PSO itu sebesar Rp 10,479 miliar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya