Asyik! Bus Trans Banyumas Resmi Beroperasi, Ini Rutenya

Bus Trans Banyumas yang menjadi moda transportasi massal dari Kemenhub resmi beroperasi melayani tiga rute di wilayah Banyumas, Jateng.

 Ilustrasi bus trans (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus trans (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, PURWOKERTO — Bus Trans Banyumas resmi beroperasi Minggu (5/12/2021). Bus Trans Banyumas ini akan melayani masyarakat mulai pukul 05.00 WIB-21.00 WIB di tiga rute layanan.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, mengatakan Trans Banyumas merupakan sebuah pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan dengan skema Buy the Service atau BTS. Porgam tersebut dirancang Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia, sehingga muncul terobosan inovatif.

PromosiPentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

“Saya optimistis kehadiran Teman Bus di Banyumas akan mampu mengurangi tingkat kemacetan dan juga polusi udara. Saya berharap masyarakat Banyumas memberikan dukungan penuh untuk program ini,” ujarnya, dilansir Liputan6.com.

Baca juga: Asyik! Ada Bus Pariwisata Gratis di Purwokerto

Dia menambahkan konsep Trans Banyumas berbasis aplikasi ini didukung oleh manajemen pengelola dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi yang meliputi sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem pengelolaan keuangan dan sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi menuju angkutan umum yang lebih profesional.

“Saya yakin kehadiran Teman Bus akan semakin diterima masyarakat, terutama dengan teknologi serta layanan yang akan terus kami tingkatkan kualitasnya. Masyarakat tidak perlu ragu untuk beralih ke moda transportasi umum, khususnya Teman Bus, apalagi naik Teman Bus juga masih gratis,” katanya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, berharap layanan Bus Trans Banyumas bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Dia juga berharap Program Teman Bus mampu menghadirkan sarana transportasi perkotaan yang lebih baik dan nyaman bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

“Trans Banyumas ini diharapkan akan menjadikan citra Banyumas yang maju dan berkualitas,” katanya.

Baca juga: Hore! Bus Trans Jateng Semarang-Grobogan Beroperasi Oktober 2021

Sementara itu Trans Banyumas akan melayani masyarakat pada jam operasional dari 05.00 – 21.00 WIB dengan tersedia sebanyak 52 unit bus yang siap melayani penumpang di tiga rute layanan.

Koridor 1 nantinya akan melayani rute Terminal Ajibarang – Pasar Pon, sementara Koridor 2 akan melayani rute Terminal Notog – Terminal Baturraden, dan Koridor 3 akan melayani rute Terminal Bulupitu Purwokerto – Terminal Kebondalem.

Armada bus Trans Banyumas juga dilengkapi rak sepeda di bagian depan, yang bertujuan sebagai alat transportasi intermoda untuk mengakomodasi penumpang yang memadukan sarana transportasi dengan menggunakan sepeda dan bus.

Sumber: Liputan6.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya

Syamsudin, Plh Bupati Banjarnegara mendapatkan predikat kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng) berdasar LHKPN KPK.

Bikin Sedih, Menunggu Teman Isi BBM, Gadis di Grobogan Tertabrak Truk

Korban bernama Rizzka Choirotun Faizah sedang menunggu temannya mengisi bensin di SPBU Kaliceret, tiba-tiba truk menabrak dari belakang.

Ini Kronologi Warga Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Ketua RW 16, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara, Slamet Riyadi, 52 tahun, mengungkapkan kronologi tertembaknya Sobirin.

Diduga Ingin Kuasai Harta, Remaja Habisi Nyawa Kekasih

Korban FAW, 14, diduga dibunuh oleh kekasihnya sendiri, R, 17. Motif tindakan itu diduga niat jahat R yang ingin menguasai harta kekasihnya. 

Pengasuh Ponpes di Magelang Cabuli Santrinya Berkali-Kali

Seorang pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang mencabuli santriwatinya berkali-kali.

Seorang Penyandang Disabilitas Tenggelam di Sungai Tuntang Grobogan

Orang tenggelam di Sungai Tuntang, Kabupaten Grobogan kembali terjadi. Kali ini seorang penyandang disabilitas tenggelam, Kamis (19/5/2022).

Ini Cerita Anak Korban Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Warga berinisial S tertembak senjata jenis airsoft gun yang dibawa Briptu RS di Semarang. Anak korban, Nurokhmah, 25 tahun bercerita mengenai kejadian tersebut.

Ini Senjata Anggota Polisi Yang Membuat Warga di Semarang Tertembak

Warga berinisial S tertembak saat hendak melerai keributan antara Briptu RS dengan kerabatnya di Semarang.

Bobol Sekolahan Hingga Kantor, Remaja di Banyumas Ini Ditangkap Polisi

Seorang remaja di Banyumas ditangkap polisi karena menjadi pelaku aksi pencurian di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan.

Polisi Ribut Dengan Kerabat, Seorang Warga di Semarang Tertembak

Keributan dipicu permasalahan keluarga antara anggota polisi Briptu RS dan kerabatnya SY, di Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang.

Gurihnya Kuliner Soto Kudus, Pakai Daging Kerbau Bukan Ayam

Olahan kuliner berupa soto khas Kudus identik dengan kuah pekat dari kaldu daging kerbau yang disajikan dalam mangkuk kecil.

Desa Cawet Pemalang Simpan Keindahan Surgawi

Desa Cawet di pemalang, Jawa Tengah, memiliki potensi wisata alam yang memukau.

Di Mana Daerah Terdingin di Jawa Tengah?

Inilah daerah terdingin di Jawa Tengah yang sering turun hujan salju saat musim kemarau.

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.