SOLOPOS.COM - Ilustrasi rusunawa (JIBI/Solopos/Dok.)

Pemkot akan menambah rusunawa.

Harianjogja.com, JOGJA— Pemerintah Kota Jogja berencana membangun kembali rumah susun sewa (Rusunawa) untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat Kota Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Jogja, Edy Muhammad mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji dua lokasi bakal pembangunan rusunawa, yani di wilayah Bener Tegalrejo dan Sorosutan Umbulharjo, “Kalau sudah selesai feasibility study [kajian kelayakan] akan dilanjutkan ke rancang bangun,” kata Edy, saat ditemui di DPRD Kota Jogja, Jumat (10/11/2017).

Ia mengatakan hasil rancang bangun bakal rusunawa itu nantinya akan diusulkan ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Edy mengatakan kebutuhan rumah di Kota Jogja masih banyak. Berdasarkan hasil kajian intansinya pada 2015 lalu, proyeksi kebutuhan rumah mencapai 101.526 unit rumah.

Sementara yang sudah ada baru 92.965 unit. Sehingga masih ada kekurangan 8.561 unit. Ketersediaan lahan yang dimiliki Pemerintah Kota Jogja sekitar 5,4 hektare. Jika dihitung satu unit rumah sekitar 100 meter, kata Edy, maka lahan tersebut baru baru mencukupi untuk membangun sekitar 5.492 unit rumah.

Menurut dia, jika lahan yang dimiliki termanfaatkan tetap masih ada selisih kekurangan sekitar 3.000 an unit rumah. “Maka solusinya adalah membangun rumah vertikal, dan yang bisa dilakukan pemerintah adalah rusunawa,” papar Edy. Pihaknya juga menekankan kepada pengembang rumah swasta di Jogja agar menyediakan 20 persen dari total unit rumah yang dibangun untuk masyarakat sekitar berpenghasilan rendah (MBR).

Saat ini Pemerintah Kota Jogja baru memiliki tiga rusunawa di wilayah Juminahan Pakualaman, Jogonalan Danurejan dan Cokrodirjan Jetis. Berdasarkan peraturan Kementrian PUPR, pembangunan rusunawa minimal membutuhkan lahan seluas 3.600 meter per segi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya