SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani (depan), saat membuka Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Kamis (4/8/2022). (Istimewa/ Kominfo Klaten).

Solopos.com, KLATEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menghadirkan pameran keliling Museum Ranggawarsita Jawa Tengah di Kabupaten Klaten.

Pameran bertajuk Museum Dolan Klaten yang memamerkan koleksi Museum Ranggawarsita tersebut resmi dibuka oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Kamis hingga Senin (4-8/8/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dilansir dari situs jatengprov.go.id, selain Museum Ranggawarsita, acara tersebut juga menghadirkan beberapa koleksi museum lain di wilayah Jawa Tengah.

Seperti Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, Museum Samudra Raksa, pameran SMK/SMA, dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan program Museum Dolan Klaten.

Baca juga: FOTO PAMERAN SEMARANG : Begini Kotekan Lesung Museum Ranggawarsita

Kegiatan ini merupakan kali pertama yang diadakan oleh Museum Ranggawarsita di Jawa Tengah sekaligus dalam rangka merayakan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten.

“Semoga menambah hasanah bagi anak-anak kami, karena di sini [pameran] banyak replika-replika museum yang ada di Provinsi Jawa Tengah, lengkap disajikan,” kata Mulyani dilansir dari situs jatengprov.go.id.

“Harapan saya karena ini dilaksanakan selama tanggal 4 hingga 8 Agutus, saya minta Kepala Dinas Pendidikan untuk koordinasi dengan Kepala Sekolah agar para siswa bisa hadir di sini [Museum],” jelasnya lagi.

Menurutnya, museum adalah pusat kemajuan kebudayaan serta ruang edukasi yang menyenangkan. Terlebih, untuk masuk museum ini tidak dikenakan biaya.

“Semoga [pameran museum Keliling Ranggawarsita] mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya, dan UMKM. Harapan saya bisa mengangkat perekonomian Kabupaten Klaten,” kata Mulyani.

Baca juga: FOTO WISATA SEMARANG : Ke Museum demi Cinta Cagar Budaya

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah menyampaikan, Pameran Keliling Museum Dolan Klaten mengambil tema Bersama Museum, Menginspirasi Masa Depanku.

Uswatun berharap kehadiran Museum Ranggawarsita  menjadi inspirasi untuk menaikkan pamor museum yang ada di Kabupaten Klaten.

“Kami berharap museum ini bisa menjadi salah satu objek, tidak hanya wisata tetapi untuk penggalian karakter di tanah air utamanya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten menjadi sumber belajar dari TK, SD, SMP, SMA/SMK dan ekonomi kreatifnya semakin meningkat,” ungkapnya.

Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko Nugroho Witjaksono menuturkan, hadirnya pameran keliling Museum Ranggawarsita diharap semakin mengenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita.

“Kami hadirkan untuk masyarakat Klaten, agar lebih bangga menjadi warga Jawa Tengah,” pungkasnya.

Baca juga: Wacana Museum Cagar Budaya di Klaten Terganjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya