Asyik! 9.752 Mahasiswa UNS Solo Dapat Keringanan UKT, Totalnya Rp37 Miliar
Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 9.752 mahasiswa Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mendapatkan keringanan uang kuliah tunggal atau UKT dari kampus untuk semester ganjil 2020/2021.

Nilai total keringanan yang diberikan kepada mahasiswa tersebut mencapai Rp37 miliar. Keringanan diberikan dalam tiga kategori, yakni bebas UKT untuk 6.158 mahasiswa, keringanan reguler untuk 1.671 mahasiswa, dan keringanan Covid-19 untuk 1.923 mahasiswa.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho kepada wartawan dalam jumpa pers daring, Jumat (7/8/2020), mengatakan keringanan tersebut diberikan kepada semua fakultas di UNS. Selain itu, pemberian keringanan sudah melalui verifikasi yang ketat.

Begini Sikap Ngeyel Warga Dan Pasien Covid-19 Yang Bikin Nakes di Solo Ngelus Dada

“Jumlah mahasiswa UNS Solo yang mendapatkan keringanan UKT dari kampus sebanyak 9.752 orang di semua fakultas dengan total nilai yang diberikan sekitar Rp37,3 miliar,” ujarnya.

Selain keringanan dari kampus, mahasiswa UNS juga memperoleh jatah dari pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Kepedulian Kepada Mahasiswa

“Secara khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud] memberikan kepedulian kepada mahasiswa karena adanya Covid-19. UNS mendapat kuota KIP Kuliah dan bantuan UKT/SPP 2020 dengan nilai Rp2,4 juta per mahasiswa untuk satu semester,” imbuhnya.

Positif Covid-19 Kota Solo Tambah 7 Kasus Baru, Salah Satunya Remaja 15 Tahun

Dia memerinci kuota KIP Kuliah diberikan kepada 1.884 mahasiswa baru yang akan kuliah di UNS 2020. Bantuan UKT/SPP bagi mahasiswa semester III sebanyak 565 orang, mahasiswa semester V sebanyak 884 orang, dan mahasiswa semester VII sebanyak 1.338 orang.

Selain itu, bantuan untuk memberi keringanan biaya UKT mahasiswa UNS Solo juga mengalir dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS. Hal ini sebelumnya juga diungkapkan Sekjen IKA UNS, Bambang DW.

2 Acara Hajatan di Cepogo Boyolali Dibatalkan Setelah Didatangi Tim Gugus Tugas Covid-19

Menurutnya, bantuan tersebut berasal dari sumbangan suka rela anggota IKA UNS. “Jadi istilahnya kami ider tampah [menampung sumbangan suka rela] kepada anggota IKA UNS melalui jaringan untuk membantu adik-adik kita mahasiswa yang kesulitan membayar UKT karena keluarganya terdampak Covid-19,” ujarnya, Kamis (23/7/2020).

Sementara itu, terkait adanya beberapa sumber bantuan tersebut, Jamal menambahkan masing-masing mahasiswa penerima keringanan hanya mendapatkannya dari satu jenis bantuan.

“Kalau satu mahasiswa sudah mendapatkan dari salah satu bantuan, tentu tidak mendapatkan dari jenis bantuan lainnya,” kata Jamal.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom