SOLOPOS.COM - Bantuan-ilutrasi.dok

Bantuan-ilutrasi.dok

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

WONOSARI-Sebanyak 86 Kepala Keluarga (KK) korban bencana alam selama Januari lalu mendapat santunan berupa uang tunai dan sembako dari Pemkab Gunungkidul. Bantuan itu diberikan secara serentak di Balai Sewoko Projo, Wonosari, Kamis (21/2/2013).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo mengatakan, total bantuan yang diberikan telah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, yaitu sebesar Rp38.300.000, untuk kerusakan sedang dan berat.

“Tiap bantuan yang diterima tidak sama, sesuai dengan tingkat kerusakan. Maksimal Rp4 juta untuk kerusakan berat” katanya.

Menurut Budi, BPBD berperan sebagai koordinator penanganan bencana. Sementara yang memiliki kewenangan penuh adalah masing-masing satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini membuat badan tersebut tak memiliki anggaran khusus untuk membantu korban bencana maupun pembenahan sarana fisik.

“Anggaran itu adanya di SKPD. seperti dinas Pekerjaan Umum (PU) dan dinas sosial yang lebih berperan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya