Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

 Mobil listrik bergaya klasik terparkir di kompleks parkiran Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Mobil listrik bergaya klasik terparkir di kompleks parkiran Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendapatkan bantuan delapan mobil listrik bergaya klasik dari Tahir Foundation, organisasi nirlaba milik bos Mayapada Group, Dato’ Sri Prof Dr Tahir. Dari delapan mobil, baru empat unit yang sudah berada di Solo.

Mobil tersebut diproyeksikan untuk menjelajahi gang-gang sempit kawasan wisata Solo, seperti Kampung Batik Laweyan dan Kauman. “Ada empat mobil listrik yang baru datang. Pekan depan akan datang lagi empat unit. Mobil ini nanti untuk keliling-keliling Kota Solo. Bantuan dari Tahir Foundation, Mayapada Group. Dari tempat-tempat wisata naiknya itu nanti,” terangnya.

Gibran menjelaskan saat ini pelat nomor kendaraan mobil listrik tersebut sedang diurus di Satlantas Polresta Solo. Ia belum tahu apakah kendaraan tersebut akan menggunakan pelat nomor khusus mobil listrik atau memakai pelat nomor biasa.

Baca Juga: 171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

“Enggak tahu, makanya baru diurus ke Satlantas, soale listrik, lebih ramah lingkungan,” ungkapnya. Gibran mengatakan delapan mobil listrik bergaya klasik itu untuk transportasi pariwisata dan kelak akan dikelola oleh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.

Tunggu Serah Terima

Tapi ia belum bisa memastikan kapan kendaraan-kendaraan itu mulai bisa dioperasikan. Sebab tambahan empat mobil baru datang pekan depan. Selain itu hingga Senin belum ada serah terima dari pihak pemberi kepada Pemkot Solo.

“Belum serah terima, tunggu serah terima sik ya. Ini [kendaraan] juga belum datang semua. Yang penting kita sedang ngurus izinnya dulu. Total delapan kendaraan, ini baru datang empat. Semoga pekan depan datang lagi empat unit,” urainya.

Baca Juga: Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Lebih jauh, Gibran mengatakan Dishub Solo sedang membuat rute untuk delapan mobil listrik bergaya klasik itu. Dengan segera beroperasinya kendaraan listrik tersebut, suami dari Selvi Ananda itu berharap sektor pariwisata Kota Bengawan kembali bangkit.

“Jadi nanti untuk berkeliling Solo dari tempat-tempat wisata naiknya itu. Semacam bus wisata yang lebih ramah lingkungan dan bisa masuk ke gang-gang sempit. Jadi kalau mau masuk ke Kampung Kauman dan Laweyan naik itu,” paparnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?