Asus ROG Strix GT15, PC Gaming Intel Core 12th Gen

PC yang kami akan bahas kali ini adalah desktop gaming kelas hardcore, ROG Strix GT15 G15CF diperkuat prosesor Intel Core i7-12700KF.

 Asus ROG Strix GT15.

SOLOPOS.COM - Asus ROG Strix GT15.

Solopos.com, SOLO — Saat ini dunia PC gaming semakin menggeliat. Harga-harga komponen, utamanya kartu grafis yang sudah semakin terjangkau membuat pengguna mulai kembali melirik PC desktop rakitan untuk dijadikan gaming rig.

Namun, tidak semua orang punya waktu dan energi untuk repot-repot merakit PC. Tak sedikit di antara kalangan PC gamer yang lebih memilih PC gaming built-up yang “sudah jadi” dan tinggal pakai. Tentunya dapat dikustomisasi lebih lanjut di kemudian hari, jika dibutuhkan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Melihat potensi tersebut, Asus diam-diam menghadirkan PC desktop gaming terbarunya bernama Asus ROG Strix GT15 G15CF.

PC desktop gaming built-up ini sangat ideal karena telah menjalankan komponen utama terbaru yakni prosesor Intel Core 12th Gen dan juga grafis mumpuni berbasis Nvidia GeForce RTX 3000 series.

Kita ambil contoh, PC yang kami akan bahas kali ini. Sebagai sebuah desktop gaming kelas hardcore, ROG Strix GT15 G15CF diperkuat prosesor Intel Core i7-12700KF.

Prosesor anyar Intel ini merupakan prosesor bertenaga dengan 12 buah core dan punya cache sebesar 25M. Kecepatan standarnya ada di 3,6GHz dan sanggup berjalan hingga 5GHz.

Dari sisi grafis, ROG Strix GT15 G15CF hadir dengan pilihan GPU Nvidia GeForce GTX1650 4GB atau GeForce RTX3070 8GB DDR6. Adapun versi yang kita akan bahas kali ini adalah yang diperkuat oleh Nvidia GeForce RTX 3070 8GB DDR6 yang menyediakan output 3x DisplayPort dan 2 HDMI.

Stealth Style Design

PC gaming kelas ultimate tentu harus tampil dengan desain yang punya ciri khas tersendiri. Untuk ROG Strix GA15 G15CF, Asus menggunakan stealth style design yang tampak misterius dari depan, namun menampilkan seluruh komponen lengkap dengan RGB yang menjadi ciri khas ROG di panel kirinya.

Baca Juga: Segera Dirilis, Ini Bocoran Spesifikasi Asus ROG Phone 6D

EMI-shielded glass, material panel kiri chassis memungkinkan pengguna melihat ke dalam chassis dan memperhatikan komponen bertenaga yang sedang bekerja di dalam PC.

PC gaming ini juga hadir dengan cooling yang inovatif yang mampu meningkatkan performa di area-area tertentu sesuai dengan desain thermal GT15 ini.

Dibanding sebelumnya, chassis aerodynamic yang digunakan sudah memiliki ventilasi yang diperlebar yang sanggup menghadirkan aliran udara sejuk yang lebih stabil ke perangkat pendinginan internalnya.

PC Gaming
Asus ROG Strix GT15.

Bagi pengguna yang sering bertanding dalam kompetisi e-sport atau LAN dengan teman-temannya, di bagian atas chassis juga tersedia carrying handle yang memudahkan PC ini untuk dipindahtempatkan. Handle ini mampu menopang bobot hingga 20 kilogram.

Performa Cepat dan Upgradibilitas Luas

Grafis yang mulus tanpa lag merupakan fakto krusial dalam permainan, apalagi e-sports di mana momentum bisa sangat menentukan apakah kita bisa mengalahkan lawan atau kita yang dibantai.

Dengan grafis Nvidia GeForce RTX 3070, Anda bisa mendapatkan frame rate yang tinggi untuk permainan yang lancar dan mulus.

Di saat yang sama, prosesor mutakhir Intel Core i7-12700KF sanggup menghadirkan tenaga yang dibutuhkan untuk pekerjaan kreatif lainnya di luar bermain game. Mulai dari streaming sampai video editing pada sistem operasi Windows 11 yang include di dalamnya.

CPU cooler bawaannya sendiri masih stock air cooler biasa, namun sudah cukup mumpuni untuk mendinginkan prosesor saat bekerja.

Baca Juga: 25 Tahun Perjalanan Laptop ASUS ke Luar Angkasa

Namun, buat Anda yang doyan custom, Anda bisa mengganti stock cooling tersebut dengan heatsink fan third party yang lebih bertenaga atau bahkan watercooling untuk pendinginan yang lebih mumpuni.

Dipadankan dengan memori DDR4-3200MHz sebesar 16GB yang dapat ditingkatkan hingga 64GB, PC ini sanggup untuk menjalankan game dan aplikasi kreatif secara multitasking.

Penggunaan memori DDR4 juga menawarkan kemudahan upgrade karena modul DDR4 DIMM masih sangat mudah ditemukan dibandingkan dengan DDR5 dan harganya jauh lebih terjangkau.

Selain menyediakan 4 buah slot DDR4 DIMM, untuk upgrade, Asus juga masih menyediakan sebuah slot PCI Express x16 di motherboard dan 3 port SATA 6G untuk storage expansion. Padahal, PC desktop yang satu ini sudah menggunakan 512GB SSD NVMe dan 1TB harddisk. Berikut ini spesifikasi teknis Asus ROG Strix GT15 G15CF:

Main Spec. ASUS ROG Strix GT15 G15CF

  • CPU : Intel® Core™ i7-12700KF Processor 3.6GHz (25M Cache, 12 core up to 5GHz)
  • Operating System : Windows 11 Home
  • Memory : 16GB up to 64GB DDR4 3200MHz
  • Storage : 1TB SATA 7200RPM 3.5″ HDD-512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
  • SATA : 4x SATA 6Gb/s
  • Graphics : Nvidia GeForce RTX 3070 8GB DDR6
  • Expansion Slot : 1x PCI-e x 16
  • Front I/O : 1x Headphone, 1x MIC in, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • Back I/O Port : 1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x HDMI 2.0a, 1x Display port 1.4, 5 x Audio jacks, 2x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 4x USB 3.2 Gen 2 Type-A
  • Audio : High Definition 7.1 Channel Audio
  • Weight : 11Kg
  • Dimension : 18.50 x 42.10 x 49.80 cm
  • Connectivity : Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2 10/100/1000/Gigabits Mbps
  • Power Supply : 750W power supply (80+ Gold, peak 800W)
  • MSRP : Rp33.699.000,00 (without monitor)
  • Warranty : 2 Years Warranty

Saat sedang aktuf digunakan, pendinginan komprehensif pada PC gaming sangatlah esensial. Pendinginan tersebut memungkinkan performa tertinggi yang berkesinambungan yang dibutuhkan oleh para gamers kelas atas ataupun pengguna kreatif yang sedang melakukan pekerjaan multitasking berat.

Baca Juga: Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Ilustrator Digital

Didesain secara khusus, chassis multi-zone dari ROG Strix GT15 G15CF ini memisahkan prosesor, kartu grafis serta power supply di kompartemen yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk meminimalisasi panas yang saling mengganggu antarkomponen tersebut dan menurunkan temperatur ambient.

Metode pemisahan komponen penghasil panas tersebut membuat prosesor bisa ditingkatkan kinerjanya pada frekuensi yang lebih tinggi untuk meraih performa yang lebih bagus, namun dengan panas yang tetap bisa dijaga.

Berikut ini hasil pengujian yang kami dapatkan untuk Asus ROG Strix GT15 G15CF:

  • Cinebench R23 Single Core: 1877
  • Cinebench R23 Multi Core: 15257
  • 3DMark Firestrike: 27539
  • 3DMark Timespy: 13119
  • 3DMark Port Royal: 7822
  • PCMark10: 8348
  • CrystalDiskMark Read: 6663
  • CrystalDiskMark Write: 3941
  • Full HD (1080p Gaming) – fps Shadow of the Tomb Raider: 179
  • GTA V: 108
  • Valorant: 322
  • CS:GO: 579
  • Dota2: 172

Saat PC sedang bekerja keras, khususnya saat GPU berjalan dengan kecepatan full load 100%, temperature chips GPU tercatat di Armoury Crate hanya di kisaran 52-55 derajat Celsius saja. Sementara suhu prosesor saat bekerja berjalan di kisaran 74 sampai 83 derajat Celsius.

Baca Juga: Asus ZenBook 14X OLED Space Edition, Tahan Getaran dan Suhu Ekstrim

Artinya, meski masih menggunakan stock cooling, terbukti ventilasi yang tersedia di bagian depan, atas dan bawah chassis serta stock cooling yang digunakan masih cukup mumpuni untuk menjalankan sistem dengan baik.

Kesimpulan

PC desktop yang satu ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda pemain game PC yang ingin menikmati permainan game-game AAA terbaru tanpa masalah.

Khususnya buat Anda yang tidak ingin repot-repot meracik sendiri PC rakitan, dan juga repot mengurus garansi per komponen jika ada masalah di kemudian hari, ASUS ROG Strix GT15 G15CF ini sangat kami rekomendasikan.

Performa oke, kemampuan upgradability terbuka lebar, cooling pun masih cukup memadai. Ingin custom sendiri? Pilihannya pun luas.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Begini Cara Buat Spotify Wrapped 2022

      Berikut ini cara buat Spotify Wrapped 2022.

      Masih Ada Waktu 1 Bulan, Yuk Ikuti Lomba Foto Astra Berhadiah Motor

      Ada beberapa ide foto yang mungkin bisa menginspirasi masyarakat yang ingin mengikuti Lomba Foto Astra.

      3 Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah

      Berikut ini terdapat tiga cara mengecek IMEI pada ponsel iPhone dengan mudah dan cepat.

      3 Cara Bikin Link WhatsApp dengan Mudah, Bisa Langsung Chat Tanpa Simpan Nomor

      Berikut ini terdapat tiga cara bikin link WhatsApp biar bisa langsung chat tanpa perlu menyimpan nomor.

      Telkomsel Punya Paylater, Bisa untuk Beli Paket Data sampai Langganan Netflix

      Telkomsel PayLater hasil kolaborasi dengan Kredivo ini telah terintegrasi dengan seluruh produk dan layanan digital Telkomsel.

      Ini Jenis Helikopter Polri yang Hilang Kontak di Belitung Timur

      Jenis helikopter seperti milik Polri yang hilang kontak di Belitung ini kerap digunakan oleh pasukan militer dari berbagai negara.

      Planet Mars Bisa Terlihat Jelas dari Bumi 8 Desember

      Planet Mars dan bulan akan terlihat sangat jelas dari Bumi pada 8 Desember 2022 mendatang, jangan terlewat.

      Harga Obat Termahal di Dunia Rp52 Miliar, Ini Gunanya...

      Obat untuk pembekuan darah yang baru saja diberikan izin edar oleh FDA AS ini menjadi obat termahal di dunia.

      Tips Konten TikTok Muncul di FYP dan Banyak Like

      Ada tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang agar konten Anda sering muncul di FYP TikTok.

      Tren Penelusuran Gempa di Google Naik 1.300 Persen

      Google mencatat minat penelusuran tentang gempa menurut kota selama sepekan di Indonesia antara lain kata "Cianjur", "Karang Tengah", "Cisarua", dan "Sukaluyu".

      Huawei dan AMSI Teken Kerja Sama, Genjot Kecakapan Digital di Indonesia

      Huawei berkomitmen untuk mendukung percepatan digitalisasi di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur TIK dan membina talenta digital.

      Tips Mencari Ponsel dengan IMEI Terdaftar

      APSI memberikan tips mencari ponsel dengan nomor IMEI yang sudah terdaftar sehingga aman digunakan.

      APSI: Registrasi IMEI Efektif Tangkal Ponsel Ilegal

      Pemerintah memberlakukan regulasi registrasi IMEI ponsel pada 2020 untuk menciptakan industri yang sehat di dalam negeri dan melindungi masyarakat dari gawai ilegal.

      Cara Bikin Stiker WhatsApp di HP, Gampang dan Enggak Pakai Ribet!

      Berikut ini terdapat cara bikin stiker WhatsApp (WA) lewat HP maupun WhatsApp Web dengan mudah dan enggak pakai ribet.

      10 Cara FYP di TikTok agar Cepat Viral

      Berikut ini sejumlah cara agar unggahan kamu bisa FYP di TikTok.

      Bocoran HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 Ini Layak Ditunggu

      Dapat ditebak sebagian besar flagships HP tahun 2023 akan dipersenjatai dengan Snapdragon 8 Gen 2 ini.