SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Notebook gaming 18 inci pertama ini menggunakan watercooling sebagai pendingin untuk hardware-nya.

Harianjogja.com, JOGJA-Buat seorang gamers, kenyamanan bermain adalah segalanya. Saat dia beraksi menghajar musuh atau mencoba memenangkan balapan, semuanya harus dilakukan dengan sangat lancar meskipun di resolusi dan setting grafis tertinggi. Sedikit pun lag, tidak bisa ditoleransi. Karena bagi seorang gamers sejati, letak kenikmatan sebuah game, terdapat di sana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk Anda yang ingin mencoba menjajal pengalaman itu, ASUS mengadirkan sebuah perangkat gaming beast bernama ASUS ROG GX800. Sebuah notebook gaming 18 inci pertama yang menggunakan watercooling sebagai pendingin untuk hardware-nya.

Memang, ASUS ROG GX800 adalah notebook gaming yang tidak ditujukan kepada sembarang orang. Perangkat dengan spesifikasi komponen pendukung tingkat “dewa” ini ditujukan bagi mereka yang bertitel “sultan” dalam konotasi yang luas. Atau dengan kata lain, mereka yang sudah tidak pusing lagi dengan anggaran.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (23/3/2017) Notebook ini sekaligus menyuguhkan rentetan teknologi mutakhir yang paling canggih saat ini berbekal prosesor Intel Core i7-7820HK yang dapat di overclock serta sistem operasi Windows 10 yang telah ditingkatkan kemampuannya untuk kebutuhan gaming.

Teknologi Disempurkan dengan Desain yang lebih Elegan Konsistensi yang dilakukan untuk menciptakan perangkat gaming yang berkualitas, membuat ASUS pun terus berinovasi menyempurkan desain maupun spesifikasi agar kemampuan device-nya semakin mumpuni. Sebagai implementasinya, ASUS ROG GX800 dirilis dengan rumpun teknologi terbaru yang paling update saat ini.

Beberapa perbedaan mendasar yang diterapkan antara lain, ASUS ROG GX800 menggunakan teknologi 2 way SLI GTX1080 graphic cards, prosesor Intel Core i7-7820HK, layar 18,4 inci beresolusi 4K dilengkapi G-Sync, dua buah adapter berukuran 330W dan RGB backlit keyboard.

Secara keseluruhan, kinerja notebook ini masih sanggup di overclock dengan aman hingga 4,6GHz. Sebelumnya, ASUS ROG GX700 hanya sanggup di-overclock mencapai 4,4GHz. Tidak hanya prosesor, tetapi kartu grafisnya pun mampu di-overclock hingga 1961MHz. Sementara Video RAM (VRAM) dan DRAM (Dinamic Random Access Memory) juga bisa ditingkatkan dengan mudah sampai 5,2GHz dan 2800MHz melalui ASUS Gaming Center.

Clock speed yang lebih tinggi tentu saja berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan, antara lain mampu meningkatkan frame rate (FPS) pada game, mempercepat waktu rendering 3D/video editing serta membuat berbagai aplikasi yang sangat boros daya atau resource intensive, seperti game dan beberapa aplikasi sosial media yang menggabungkan foto, video dan teks sekaligus di dalamnya berjalan lebih gegas.

Docking Watercooling Generasi ke-2, Lebih Bertenaga

Perlu diketahui, cara kerja dari docking yang oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station ini masih sama dengan watercooling pada GX700. Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Namun pada docking station generasi kedua ini, ASUS telah mendesain ulang konsep pendinginannya sehingga aliran coolant mampu mengalir pula pada CPU serta dua buah GPU-nya untuk meredam panas. Setelah menunaikan tugas tersebut, cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperature dengan radiator. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Karena mempunyai tugas yang cukup berat, secara otomatis watercooling pada GX800 dibuat menjadi lebih besar 20 persen dibanding pendahulunya untuk menampung lebih banyak coolant. Secara otomatis bobotnya pun bertambah berat menjadi 4,7Kg. Di Indonesia, produk ini ditawarkan dengan harga Rp95.499.000. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya