SOLOPOS.COM - Tangkapan layar grup Facebook Korban Penipuan Asuransi AIA (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Ribuan nasabah asuransi AIA membuat grup Facebook bernama Korban Penipuan Asuransi AIA.

Grup yang hingga Jumat (26/3/2021) beranggotakan 3.600-an akun Facebook itu menjadi media berkeluh kesah mengenai uang nasabah yang berkurang drastis dan tidak sesuai dengan janji agen.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Salah satu nasabah yang dihubungi Detikcom, Maria Trihartarti, menceritakan tujuh tahun lalu dia ditawari produk asuransi kesehatan oleh seorang temannya. Produk itu disebut mengaver kesehatan anak-anaknya.

Baca juga: Polres Wonogiri Percepat Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Ekspedisi Mudik 2024

"Tapi sejak awal saya tidak pernah dijelaskan jika uang akan hilang. Di AIA itu saya bayar via autodebet Rp1 juta dan sudah masuk tahun ke-7 artinya uang sudah masuk Rp85 juta tapi yang kembali hanya Rp32,6 juta," kata dia, Jumat.

Maria menjelaskan pihak asuransi AIA memberikan penjelasan hal tersebut terjadi karena alasan ekonomi nasional sedang drop sehingga memengaruhi uang yang ada di polisnya.

Sebenarnya yang dipermasalahkan Maria dan nasabah lainnya adalah pihak agen yang tidak menjelaskan detail sejak awal. Hal tersebut benar-benar membuatnya kecewa.

Baca juga: Waspadai Efek Anak Mendengar Ucapan Buruk

Pertanyakan Perlindungan Konsumen

"Yang jadi masalah itu kan pra-polis, di mana perlindungan konsumennya? Seharusnya agen atau asuransi itu menjelaskan ke masyarakat umum tentang produk-produknya jadi jangan cuma iming-imingnya saja," tambah dia.

Lantas bagaimana tanggapan AIA? Chief Marketing Officer PT AIA Financial Lim Chet Ming tidak menjawab langsung keluhan nasabah. Dia mengungkapkan nasabah asuransi AIA selalu menjadi prioritas perusahaan.

"Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Detikcom, Jumat.

Baca juga: Helm Valentino Rossi Soleluna 2021, Gabungan Pesona Matahari dan Bulan

Sebagai pelayanan terhadap nasabah Asuransi AIA memiliki AIA Customer Care Line dengan nomor 1500980 atau (021) 30001980 dan melalui email id.customer@aia.com.

Lim mengatakan AIA mengimbau kepada nasabah untuk menggunakan saluran komunikasi resmi tersebut sehingga dapat membantu nasabah dengan cepat dan akurat.

"AIA selalu patuh pada kewajiban pembayaran klaim sesuai dengan ketentuan polis dan regulasi yang berlaku di Indonesia, sebagaimana diatur dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya