Astra Revitalisasi Gedung 3 Sekolah di Solo, Serap 64% Siswa SMK

Di tingkat pendidikan lebih tinggi, Astra memiliki Politeknik Astra yang menghasilkan lulusan pendidikan vokasi yang sangat baik.

 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem  Makarim  (kedua dari kanan) bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), General Manager Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto (tengah), meninjau ruang praktik siswa yang sudah selesai direnovasi di SMK Negeri 2, Solo, Senin (13/9/2021). Solopos.com/Nicolous Irawan

SOLOPOS.COM - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim (kedua dari kanan) bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), General Manager Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto (tengah), meninjau ruang praktik siswa yang sudah selesai direnovasi di SMK Negeri 2, Solo, Senin (13/9/2021). Solopos.com/Nicolous Irawan

Solopos.com, SOLO—Astra Grup menyerap 64% siswa SMK dalam program link and match SMK binaan Astra (Bisa) sejak 2010.

Dalam perkembangannnya sampai 2021, Astra telah membina 3.249 SMK di seluruh Indonesia dengan 137 SMK telah terverifikasi dengan pitching factory assestment.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sebagai dukungan Astra dalam pengembangan vokasi, Astra bersama Sinarmas meresmikan bantuan revitalisasi gedung SMKN 2 Solo, SMKN 5 Solo, dan SMKN 6 Solo, demi mendukung pengembangan vokasi yang berkelanjutan di Kota Solo.

SMKN 2 Solo

Peresmian ini dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Direktur Astra, Gita Tiffani Boer (virtual), dan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, yang dipusatkan di SMKN 2 Solo, Senin (13/9/2021).

General Manager Head of Corporate Communications PT Astra Internasional, Boy Kelana Soebroto, mengatakan sejalan dengan filosofi Astra Catur Darma, Astra berkomitmen membantu mengembangkan Indonesia melalui program berkelanjutan yang berfokus pada empat pilar.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Solo Ditangkap Usai Bentangkan Poster ke Jokowi, Begini Penjelasan Kapolresta 

Keempat pilar itu adalah Astra untuk Indonesia Cerdas pada bidang pendidikan, Astra untuk Indonesia Sehat untuk bidang kesehatan, Astra untuk Indonesia Hijau untuk bidang lingkungan, dan Astra untuk Indonesia Kreatif untuk bidang kewirausahaan.

Pendidikan Vokasi

“Implementasi pilar Astra untuk Indonesia cerdas yang telah dijalankan hingga saat ini meliputi pembinaan dan pengembangan pendidikan menengah dasar dan perguruan tinggi serta menjangkau pendidikan anak usia dini pendidikan berkebutuhan khusus hingga pendidikan untuk aman berlalu lintas yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Bentuk program yang dijalankan oleh Astra berfokus pada brandware, software, hardware, dan link and match yang ditujukan untuk menyelaraskan pembelajaran dengan kebutuhan industri dunia kerja saat ini,” kata dia.

Baca Juga: Berjam-Jam Nunggu Presiden Jokowi Lewat Kota Solo, Eh Dapat Sembako 

Boy menjelaskan salah satu program unggulan Astra di bidang pendidikan adalah pendidikan vokasi.

Astra mengembangkan berbagai pendidikan vokasi, antara lain program pengembangan link and match SMK binaan Astra (Bisa).

Di tingkat pendidikan lebih tinggi, Astra memiliki Politeknik Astra yang menghasilkan lulusan pendidikan vokasi yang sangat baik.

SMK Bisa merupakan program yang fokus pada pitching factory, sinergi dengan badan terkait, pengembangan link and match terhadap industri.

Sejak 2010

Program ini telah berjalan sejak 2010 hingga saat ini dan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Dalam perkembangannya sampai 2021, Astra telah membina 3.249 SMK di seluruh Indonesia dengan 137 SMK telah terverifikasi dengan picthing factory assestment. Dengan dikembangkannya link and match SMK Bisa, Astra berhasil menyerap 64% yang bekerja di grup Astra. Sedangkan selebihnya diserap langsung oleh industri lain, serta sebagian kecil lainnya melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya, atau menjadi wirausaha,” papar dia.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, menilai banyak pihak yang menggaungkan program link and match dengan sangat gampang. Jika cara dulu, sekolah membuat program serta kurikulumnya, lalu orang industri datang kemudian pulang.

Link And Match

“Kita sekarang ini masuk di era link and match benar-benar partisipasi industri itu absolut. Ini bukan hanya perancangan infrastruktur, tapi kurikulum, SDM berkolaborasi. Saya apresiasi pada Sinarmas dan Astra untuk kontribusi yang luar biasa, sekian ribu SMK yang sudah tersentuh ini luar biasa,” ungkap dia.

Nadiem menyebut 64% siswa SMK dalam program SMK Bisa diserap oleh Astra Group merupakan capaian yang luar biasa.

Baca Juga: Ketemu Joko Widodo di Klaten, Presiden Jokowi Tertawa, Begini Ceritanya! 

Dalam hal ini, ke depan sekolah vokasi diharapkan menjadi gudang kewirausahaan sehingga melahirkan para pelaku usaha (UMKM) yang menyediakan layanan jasa dan barang yang dibutuhkan pasar.

Kemendikbudristek menjadikan revitalisasi pendidikan vokasi sebagai salah satu prioritas Merdeka Belajar. Ini bukan hanya revitalisasi gedung-gedung, tetapi software, proses belajar, hingga manusianya. Dalam hal ini, pihaknya memiliki skema terobosan link and match 8+i antara SMK dan mitra industri.

“Enggak semua SMK seberuntung SMK di sini. Banyak SMK yang perlu panduan dan bantuan untuk menjodohkan mereka dengan industri yang tepat. Mereka banyak yang tidak punya fasilitas hingga tidak punya praktisi industri. Kesenjangan inilah yang harus ditutup,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diusut Polisi, Begini Modus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Hasil penyidikan polisi mengungkap modus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo, yang diawali dengan pembersihan dan perataan lahan.

      Di Solo, Joko Anwar Cerita Sempat Diganggu saat Garap Pengabdi Setan 2

      Sutradara Joko Anwar mengobrol dengan para penggemar film Pengabdi Setan seusai nonton bareng di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Warga Berdesakan demi Nonbar Film Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Solo

      Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar, dan beberapa pemain film tersebut hadir dalam nonbar di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Menikah pada Bulan Sura itu Dilarang? Begini Penjelasan Budayawan Solo

      Budayawan Solo memberikan pandangannya mengenai kepercayaan masyarakat Jawa bahwa menikah di bulan Sura itu tidak baik dan dilarang.

      Begini Langkah Penjual Mi Ayam di Boyolali Siasati Harga Gandum Naik

      Kenaikan harga gandum terus dirasakan para pemilik usaha yang produk olahannya dari gandum.

      Kronologi Wong Sragen Diduga Loncat dari Jembatan ke Kali Bengawan Solo

      Seorang warga Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, SU, 53, dilaporkan hilang setelah diduga loncat dari Jembatan Sapen dan masuk ke aliran Sungai Bengawan Solo pada Minggu (14/8/2022).

      Sudah 70%, Kapan Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo Jadi?

      Progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, yang dimulai sejak 6 Maret 2021 lalu saat ini sudah mencapai 70%, kapan jadi?

      Byur! Peserta Lomba Meniti Bambu di Kalijaran Klaten Tercebur di Sungai

      Warga Dukuh Kalijaran, Desa Bawak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, menggelar lomba ketangkasan meniti batang bambu di tengah sungai di daerah setempat, Minggu (14/8/2022) pagi.

      BOB Latih 8 Kelompok Pembatik di Karanganyar & Sragen, Ini Materinya

      Badan Pelaksana Otorita Borobudur atau BOB menggelar pelatihan desain fesyen dan purwarupa untuk delapan perwakilan kelompok pembatik di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

      Jangan Malu Jadi Petani! Pesan Mendalam Dibalik Balap Traktor di Klaten

      Sebanyak 16 peserta kategori dewasa dan 10 peserta kategori anak-anak mengikuti ajang balap traktor yang digelar di area persawahan wilayah Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (14/8/2022) siang.

      Daerah Klaten Ini Dulu Basis Organisasi Terlarang, Kini Desa Pancasila

      Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten dulunya dikenal menjadi basis organisasi terlarang.

      Konser Padi Reborn di Wonogiri Berlalu, Ini Harapan Warga ke Depan

      Penampilan Padi Reborn menjadi penutup Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Yakin Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Selesai, Rudy: Tuhan Adil Kok!

      Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo optimistis pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah mandek sekitar dua tahun bakal selesai.

      Murka Ada Paspampres Pukul Warga Solo, Gibran Disebut Terlalu Semangat

      Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo memberikan tanggapan mengenai Wali Kota Gibran yang terlihat sangat murka kepada anggota Paspampres yang pukul warga Solo.

      Banyak Manfaatnya! Ini Alasan Pelajar Boyolali Ikuti Kegiatan Pramuka

      Para pelajar di Boyolali mengganggap penting keberadaan Pramuka.