SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

JAKARTA – PT Astra Multi Trucks Indonesia, agen tunggal pemegang merek UD Trucks, berencana meningkatkan kapasitas produksi pabriknya menjadi 1.000 unit per bulan dari sekarang 400-500 unit per bulan pada 2014 untuk mendongkar penjualan kendaraan niaga tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yunus Sunaryo, Marketing Division PT Astra Multi Trucks Indonesia, mengatakan permintaan pasar kendaraan niaga cenderung meningkat, terutama tractor head penarik trailer, seiring dengan tingginya arus barang ekspor-impor dan peningkatan jasa distribusi dan logistik. “Permintaan tractor head seperti kacang goreng, produksinya rata-rata 180 unit per bulan tetapi permintaan pasar UD Trucks mencapai sekitar 250 unit per bulan, sehingga kami perlu meningkatkan kapasitas produksinya, bersama varian UD Trucks yang lain,” katanya di arena IIMS JIExpo Kemayoran Jakarta, Jumat (28/9/2012). Menurutnya, realisasi penjualan tractor head UD Trucks menempati urutan teratas mencapai 40% di atas rigid trucks UD Trucks sebanyak 30% dan off road truck UD Trucks 30% dari total penjualan periode Januari-Agustus 2012 sebanyak 2.400 unit.

Kinerja penjualan tersebut diharapakan terus meningkat, lanjutnya, sehingga target penjualan seluruh produk UD Trucks sebanyak 3.600-4.000 unit hingga akhir tahun ini dapat tercapai, dengan berbagai kegiatan promosi dan strategi pemasaran yang terus digalakkan.

Yunus mengatakan target penjualan 3.600-4.000 unit dengan market share sekitar 14% dari total seluruh penjualan kendaran niaga secara nasional pada 2012 sebanyak 30.000 unit, lebih besar dari realiasi 2011 sebanyak 3.045 unit, 2010 sejumlah 2.735 unit. Target penjualan tersebut optimistis dapat dicapai mengingat kondisi perekonomian nasional dan industri dalam nengeri sekarang cenderung menunjukkan pertumbuhan yang positif serta kondisi infrastruktur jalan juga berkembang semakin baik.

“Produk unggulan kami adalah UD Trucks PK 260 CT yang merupakan tractor head atau head trailer yang handal dikelasnya dan menguasai pasar di atas 50% sejak 1995, sehingga di pelabuhan Tanjung Priok produk kami menjadi primadona,” tegasnya. Dia mengungkapkan berbagai jenis truk dan bus UD Trucks dapat dilihat di booth IIMS 2012 seperti tractor head UD Trucks CWM 330 HM, hydraulic crane tractor UD Trucks CWA260S, rigid truck UD Trucks PK215R, dan truk tanki UD Trucks CWA260HT.

Dandy Pawitan, Chief Executive PT Astra Multi Trucks Indonesia, mengatakan UD Trucks dengan jaringan pemasaran yang luas ditanah air dengan 22 diler sales, service dan spare part, serta 6 diler penjualan dan 200 unit outlet suku cadang. “Melalui jaringan pemasaran yang tersebar di Tanah Air, jaminan purna jual dan ketersediaan spare part UD Trucks optimistis dapat menguasai sekitar 14% dari pangasa pasar kendaraan komersial yang mencapai 30.000 unit di dalam negeri,” ujarnya.

Dia mengatakan perusahaan mengusahakan produk UD Trucks memiliki kandungan lokal lebih dari 30%, serta menyiapkan spare part mencapai sekitar 4.000 item, yang antara lain diproduksi oleh 90 industri komponen skala kecil dan menengah dalam negeri. Menurutnya, dalam kurun waktu 40 tahun UD Trucks terus mengaplikasikan teknologi terbaru dalam pembuatan truk dan bus sehingga manfaatnya dapat dirasakan konsumen antara lain produk UD Trucks bertenaga besar, efisiensi bahan bakar, perawatan mudah, ramah lingkungan, teknologi unggul dan suku cadang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya