Tutup Iklan
General Manager Coporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin memberikan penghargaan kepada Eko Bisono Saputro dari SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar sebagai wakil dari Jawa Tengah dalam ajang AHSC for Vocational School di Jakata, Kamis (17/10/2019). (Semarangpos.com-Astra Motor Jateng).

Solopos.com, SEMARANG — Tim dari dealer utama sepeda motor Honda Jawa Tengah (Jateng), Astra Motor Jateng, menggondol dua gelar juara dalam ajang Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School yang digelar di Jakarta, Senin-Kamis (14-17/10/2019). Kedua gelar itu setelah tim pelajar SMK Jateng meraih juara ketiga pada kategori siswa SMK dan juara ketiga pada kategori guru SMK.

AHSC for Vocational School merupakan ajang keterampilan siswa serta guru SMK mitra binaan Honda yang telah menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Kompetisi ini diikuti 23.371 siswa dan 422 guru dari 686 SMK se-Indonesia.

Sebelum tampil di ajang ini, para peserta lebih dulu mengikuti ujian seleksi yang digelar di wilayahnya masing-masing, selama Januari-Agustus 2019. Total ada 40 siswa dan 27 guru dari 27 dealer utama sepeda motor Honda se-Indonesia yang lolos ke babak nasional.

General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin, mengatakan kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 merupakan upaya AHM dalam memberikan kontribusi peningkatan mutu pendidikan vokasi industri SMK binaan Astra Honda di Indonesia.

Ajang kompetisi ini diharapkan membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang terampil dan  menguasai perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia, serta mempertajam kemampuan dan pengetahuan teknik tenaga pengajar.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya pendekatan komprehensif kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua. Kami sudah mengimplementasikan KTBSM Astra Honda di SMK binaan. Kami harap kompetisi ini bisa menjadi sarana mengalibrasi penguasaan para guru dan siswa SMK terhadap materi yang kami sampaikan,” ujar Ahmad Muhibbuddin dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni’am Sholeh, mengatakan pemerintah menempatkan pengembangan sumber daya manusia sebagai skala prioritas melalui beragam program peningkatan kompetensi.

“Semangat kepemudaan yang identik dengan daya juang untuk menjadi yang terbaik terlihat jelas dalam kompetisi ini. Selain sebagai ajang pembuktian kemampuan teknikal, peserta juga berkesempatan untuk memperluas jaringan serta belajar mengenai tradisi dan budaya baru dari berbagai daerah,” ujar Ni’am.

Tiga jawara terbaik dari kategori siswa yang keluar sebagai pemenang AHSC for Vocational School 2019  berhak mendapat beasiswa kuliah di Politeknik Manufaktur Astra. Mereka akan memperoleh fasilitas mulai dari bebas biaya kuliah, subsidi biaya hidup, dan uang beasiswa.

Sementara untuk kategori guru akan mendapat hadiah uang tunai. Sementara sekolah yang siswanya menjadi pemenangan mendapat hadiah berupa 1 unit motor.

Daftar juara AHSC fo Vocational School 2019:

Kategori Siswa:

Juara I: Rio Bagus Jiwandono, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang (PT Mitra Pinastika Mulia)

Juara II: Lukman Wijanarno, SMKN 1 Bendo Magetan (PT Mitra Pinastika Mulia)

Juara III: Eko Bisono Saputro, SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar (Astra Motor Jateng)

Ketegori Guru

Juara I: Bp Syukur, SMKS Satria Kendari (Astra Motor Makassar)

Juara II: Bp Mulyadi, SMKN 2 Pontianak (Astra Motor Pontianak)

Juara III: Bp Apriyanto, SMKN 1 Bulukamba Brebes (Astra Motor Jateng)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten