SOLOPOS.COM - Penyerahan hewan kurban untuk masyarakat yang didistribuskan Grup Astra ke 34 provinsi di seluruh Indonesia, Selasa (5/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Menyambut Hari Raya Iduladha 1443 H, Grup Astra—melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA)—menyerahkan 2.206 ekor hewan kurban untuk masyarakat yang didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis melalui Seremoni Donasi Kurban Nasional Grup Astra dan Yayasan Tahun 2022 yang digelar secara virtual, Selasa (5/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seremoni penyerahan hewan kurban dilaksanakan Head of Corporate Industrial Relations Astra sekaligus Ketua Bidang Layanan Amal Amanah Astra YAA Gama Anom Yogotomo, Head of Corporate Communications Astra sekaligus Ketua Bidang Sosial Religi YAA Boy Kelana Soebroto, Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti, Head of Security Astra Muslich, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara Abdul Khalit, Kepala Bagian SDM Polres Metro Jakarta Utara Kompol Rosiana Nurwidajati, dan Kepala Staff Kodim 0502/Jakarta Utara Letkol Arm Suyikno, serta turut hadir Wakalpolres Metro Jakarta Utara AKBP Erlin Tangjaya.

Ketua Dewan Pengurus YAA sekaligus Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan penyerahan ribuan ekor hewan kurban menjelang Iduladha merupakan wujud nyata kepedulian Insan Astra terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Hukum Akikah dan Kurban di Hari Raya Iduladha, Boleh Digabung?

“Semoga kita dapat terus saling berbagi, membantu, dan menjalin kebersamaan serta solidaritas antar-Insan Astra dan masyarakat untuk semakin menguatkan persatuan,” ujar Riza.

Untuk mendukung pengadaan hewan kurban Grup Astra menjelang Iduladha 2022, YAA membeli hewan ternak dari kelompok peternak binaan di seluruh Indonesia.

Hingga 5 Juli 2022, Grup Astra telah menyalurkan 2.206 hewan kurban yang terdiri atas 609 ekor sapi dan 1.597 ekor kambing atau domba dengan total nilai Rp22,11 miliar.

YAA memastikan hewan kurban yang diserahkan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sehat dan tidak cacat sesuai kriteria, berkualitas, serta sesuai syariah.

Baca Juga: Menengok Sapi-Sapi Jumbo Hampir 1 Ton Milik Warga Mojosongo Boyolali

Kegiatan penyerahan hewan kurban kepada masyarakat yang membutuhkan dilaksanakan serentak melalui YAA dan perusahaan Grup Astra lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pemotongan Hewan Kurban Iduladha Dipastikan Sehat

Di tengah wabah PMK pada hewan ternak, YAA pun memastikan Grup Astra di wilayah masing-masing juga melaksanakan pemotongan dan penyerahan hewan kurban di Iduladha 2022 ini sesuai dengan peraturan pemerintah.

Pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan, kemudian daging kurban dikemas dan didistribusikan kepada masyarakat.

Baca Juga: Kenapa Iduladha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda?

Secara konsisten, daging kurban dikemas dan didistribusikan menggunakan besek bambu guna mendukung gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diinisiasi Astra untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai.

Hal ini diharapkan mampu mengurangi sampah yang dihasilkan dari pelaksanaan kurban dan mendorong penerapan konsumsi berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya