SOLOPOS.COM - Gelandang veteran Chelsea, Frank Lampard, saat melepaskan tendangan untuk menjebol gawang Aston Villa pada lanjutan Liga Premier Inggris di Villa Park, Minggu (11/5/2013) malam WIB. Dalam laga ini, Chelsea mengalahkan Villa 2-1, lewat dua gol yang dipersembahkan Lampard. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Gelandang veteran Chelsea, Frank Lampard, saat melepaskan tendangan untuk menjebol gawang Aston Villa pada lanjutan Liga Premier Inggris di Villa Park, Minggu (11/5/2013) malam WIB. Dalam laga ini, Chelsea mengalahkan Villa 2-1, lewat dua gol yang dipersembahkan Lampard. JIBI/SOLOPOS/Reuters

BIRMINGHAM – Misi Chelsea mengunci tiket Liga Champions musim depan lebih awal berjalan mulus. Si Biru, julukan Chelsea, memastikan diri menempati posisi empat besar dalam tabel klasemen Liga Premier setelah menaklukan Aston Villa 2-1 di Villa Park, Minggu (11/5/2013) malam WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Chelsea sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Christian Benteke di babak pertama. Namun, The Blues, julukan lain Chelsea, bangkit dari keterpurukan melalui dua gol yang dilesakkan gelandang veterannya, Frank Lampard, di babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Chelsea kian mengukuhkan posisinya di tempat ketiga dengan torehan 72 poin. Chelsea unggul lima angka dari Arsenal, yang menempati posisi empat dan meninggalkan Tottenham Hotspur dengan selisih enam angka, yang berada di urutan kelima.

Dengan satu pertandingan tersisa, nampaknya sulit bagi Chelsea terpleset ke posisi lima. Dengan kata lain, Chelsea sudah memastikan tempatnya di posisi empat besar dan berhak satu jatah, dari empat tiket Liga Champions, di mana dua di antaranya sudah dipastikan milik duo Manchester, United dan City.

Sementara, satu jatah lainnya akan diperebutkan Arsenal dan Spurs, julukan Tottenham Hotspur. Spurs akan menjalani laga krusialnya melawan Stoke City, Minggu (12/5/2013), sedang Arsenal menjamu Wigan Athletic, Rabu (15/5/2013) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan :

Chelsea yang melabelkan laga kontra Aston Villa sebagai partai wajib menang langsung  menurunkan skuat terbaiknya saat tampil di depan ribuan pendukung The Villians. The Blues, julukan Chelsea, bertekad membawa poin penuh sebagai syarat memastikan tempatnya di posisi empat besar atau zona Liga Champions.

Skuat besutan Rafa Benitez ini menurunkan John Terry berduet dengan Gary Cahill di posisi belakang. Sementara, di lini depan Demba Ba diduetkan dengan Victor Moses.

Di sisi lain, kubu The Villians, julukan Aston Villa, tak ingin tinggal diam. Skuat Paul Lambert itu juga ingin mengamankan posisinya dari zona degradasi.

Sama-sama mengusung misi penting, membuat The Villians langsung mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Namun, serangan Villa hanya bertahan beberapa saat.

Chelsea yang dipenuhi para pemain gelandang kualitas atas ganti menguasai pertandingan. Ini membuat The Blues lebih banyak melakukan tekanan.

Namun, alih-alih melakukan tekanan dengan penguasaan bola dominan, The Blues justru kebobolan lebih dulu. Aksi individu Christian Benteke dari lini tengah sulit dibendung dan mampu masuk ke lini pertahanan Chelsea untuk menjebol gawang yang dijaga Petr Cech. Villa pun unggul sementara 1-0.

Tertinggal 0-1 membuat Chelsea bak kebakaran jenggot. Klub London Utara ini mulai meningkatkan intensitas serangannya. Namun, Villa bukan tim semenjana. Klub asal Birmingham ini masih mampu menciptakan peluang balasan melalui tendangan keras Delph dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-22, Chelsea nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, sepakan Ba, yang sudah sendirian di depan gawang, masih bisa dihalau kiper Villa, Guzan.

Tekan Chelsea tak berhenti sampai di situ. Pada menit ke-30, giliran Frank Lampard yang mencoba menjebol gawang Villa. Namun, tendangan kerasnya via tembakan bebas masih mampu ditepis Guzan dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Pada akhir pertandingan, petaka Chelsea kembali bertambah. Tepatnya di menit ke-45, Chelsea harus bermain dengan 10 pemain setelah Ramires diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua. Kartu kuning kedua diterima gelandang asal Brazil itu karena melanggar Agbonlahor. Sementara, kartu kuning pertama diberikan wasit pada Ramires karena men-tackle keras Benteke pada menit ke-16.

Hingga berakhirnya babak pertama, 10 pemain Chelsea tak mampu menyamakan kedudukan. Begitu halnya dengan Villa, gagal memperbesar keunggulannya.

Memasukki babak kedua, Villa yang unggul jumlah pemain langsung menekan. Hal ini membuat Chelsea langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan David Luiz, menggantikan Victor Moses.

Pada menit ke-58, giliran Villa yang harus bermain dengan 10 pemain. Si pencetak gol, Benteke, diganjar kartu kuning kedua setelah mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Terry.

Jumlah pemain yang sama membuat Chelsea kembali berani melancarkan serangan. Alhasil pada menit ke-61, Chelsea mampu memecahkan kebuntuan melalui gol yang diciptakan lewat tembakan keras dari luar kotak penalti oleh Lampard. Gol diawali pergerakan Juan Mata yang langsung diteruskan ke Eden Hazard sebelum melepaskan umpan ke Lampard yang dengan dingin melesakkan tendangan keras untuk membuat kedudukan 1-1.

Kedudukan sama kuat membuat tensi pertandingan semakin meningkat. Jual beli serangan pun tak terelakkan.

Pada menit ke-72, Chelsea nyaris menciptakan keunggulan lewat sepakan Cahill setelah memanfaatkan umpan pojok Mata. Namun, bola sepakan Cahill, yang mampu mengecoh kiper Guzan, masih mampu ditahan N’Zogbia di garis gawang sebelum akhirnya dibuang Westwood. Cahill tampak tak puas dengan keputusan wasit karena merasa sepakannya seharusnya berbuah gol karena bola lebih dulu melewati garis gawang sebelum dibuang pemain Villa.

Pada menut-menit akhir menjelang bubaran, tensi pertandingan kian meningkat. adu serangan di antara kedua kubu tak terelakkan. Namun, Chelsea nampaknya lebih beruntung. Pada menit ke-88, Lampard tampil sebagai pahlawan untuk menciptakan gol kedua yang membawa kemenangan bagi Chelsea. Lampard menciptakan gol melalui tendangan kerasnya di dalam kotak penalti Villa, yang tak mampu dihalau Guzan.

Gol Lampard menjadi gol pamungkas dalam laga itu. Chelsea akhirnya mengakhiri perlawanan Villa dengan skor tipis 2-1.



Susunan Pemain :

ASTON VILLA (4-3-3)

Guzan (Gk); Lichaj, Vlaar, Baker, Bennett, Westwood, Delph, Sylla, Weimann, Agbonlahor, Benteke

Cadangan: Given, Holman, Williams, Gardner, Bent, Bowery, N’Zogbia

CHELSEA (4-5-1)

Cech (Gk); Cole, Cahill, Terry (Ivanovic 77’), Azpilicueta, Ramires, Lampard, Moses (Luiz 46’), Mata, Hazard, Ba (Torres 88’)

Cadangan: Turnbull, Ivanovic, Luiz, Torres, Oscar, Benayoun, Ake







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya