SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (fresnoaidswalk.org)

Ilustrasi (fresnoaidswalk.org)

KARANGANYAR – Dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Karanganyar dinyatakan positif terkena penyakit HIV/AIDS. Sementara mayoritas penderita HIV/AIDS di Bumi Intanpari merupakan usia produktif dengan umur antara 14-24 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Karanganyar, Jatmiko, Senin (12/11/2012). Menurutnya, jumlah penderita HIV/AIDS di Karanganyar mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahun. Pada 2010, jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 36 orang. Jumlah penderita penyakit berbahaya itu meningkat menjadi 99 orang pada 2011. Sementara hingga Oktober 2012, jumlah penderita HIV/AIDS menjadi 124 orang. Para penderita HIV/AIDS berasal dari berbagai kalangan seperti PNS, Ibu Rumah Tangga (IRT), mahasiswa, pelajar dan karyawan. “Jumlahnya selalu bertambah setiap tahun, tak hanya itu penyebaran penyakit HIV/AIDS sudah sampai pedesaan. Ada dua PNS di Pemkab Karanganyar, sekarang masih dalam tahap penyembuhan,” katanya.

Selama ini, penanggulangan HIV/AIDS terkendala beberapa faktor pemahaman masyarakat tentang HIV/AIDS masih minim terutama cara penularan penyakit tersebut. Selain itu, penemuan kasus HIV/AIDS belum optimal. Biasanya, penemuan para penderita HIV/AIDS tidak sengaja. Padahal, para penderita HIV/AIDS tersebut hidup di tengah masyarakat. “Setelah periksa ke Puskesmas gara-gara sakit panas baru diketahui posistif menderita penyakit HIV/AIDS. Padahal sudah 10 tahun terkena penyakit tersebut,” jelasnya.

Sementara Sekda Karanganyar, Samsi, menyatakan pihaknya bakal mensosialisasikan penanggulangan HIV/AIDS terutama saat Masa Orientasi Siswa (MOS). Sehingga para pelajar memahami penularan HIV/AIDS dan cara penanggulannya. Tak hanya itu, materi penanggulangan HIV/AIDS akan disosialisasikan kepada para calon pengantin yang akan menikah. “Para pelajar dan calon pengantin harus memahami penanggulangan penyakit HIV/AIDS secara komprehensif,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya