SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ponpes Assalam menggelar Konferensi Humas Ponpes se-Jawa Madura.

Solopos.com, SUKOHARJO—Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, menggelar Konferensi Nasional Humas Pondok Pesantren (Ponpes) se-Jawa dan Mudara, di ponpes setempat, Senin (29/1/2018). Konferensi ini digelar demi meluruskan anggapan masyarakat terkait Ponpes yang dinilai sebagai lembaga tertutup.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami mencoba meluruskan anggapan masyarakat bahwa pesantren terkesan menutup diri. Dengan konferensi ini diharapkan pengelola pesantren paham tentang apa saja yang harus disampaikan ke publik,” kata Kepala Humas PPMI Assalaam, Qamaruddin pada acara media gathering, Sabtu (27/1/2018).

Menurutnya, jika fungsi Humas dijalankan dengan baik, Ponpes akan berkembang pesat. Masyarakat juga akan lebih mudah mengakses kegiatan-kegiatan yang diadakan Ponpes.

Untuk mengubah anggapan tersebut pihaknya menggelar Konferensi Nasional Humas Pesantren. Rencananya konferensi menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya, seperti Kepala Humas Universitas Sebelas Maret (UNS) Andre Rahmanto dan Pengelola PPMI Assalaam, Kadarusman.

Dia menjelaskan, pengelola pesantren perlu membuka mindset bahwa Humas mempunyai fungsi penting. Sebab, aktivitas kehumasan erat kaitannya dengan media. Dengan demikian, misi pesantren untuk menebar ilmu yang baik terhadap masyarakat dapat terwujud.

“Salah satu upaya mewujudkan misi tersebut pengelola pesantren harus menggandeng media. Sehingga keberadaan humas di tiap pesantren menjadi bagian vital,” imbuhnya.

Qomaruddin juga mengemukakan salah satu faktor Ponpes terkesan tertutup karena banyak yang tidak mempunyai ilmu untuk membuka diri. Dia menilai masing-masing pesantren memiliki alasan tersendiri tidak menggandeng media.

Padahal jika ada kerja sama yang baik antara media dan pengelola pesantren akan terwujud keterbukaan.

“Inilah yang menjadi latar belakang digelarnya konferensi ini. Ini juga sebagai bentuk kontribusi PPMI Assalaam untuk memberikan nilai-nilai edukasi,” papar dia.

Di masa mendatang, konferensi humas diagendakan rutin digelar setiap tahun, lokasinya tidak hanya di PPMI Assalaam saja, namun berpindah ke Ponpes yang lain.

Dia menjelaskan tahun lalu konferensi semacam ini juga digelar namun hanya se-Soloraya. Tahun ini sekaligus dibentuk koordinator humas pesantren tiap provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya