Asrama Mahasiswa UNS Solo Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri OTG Covid-19

Asrama Mahasiswa UNS di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

 Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. 

(Solopos.com Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. (Solopos.com Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan gedung Asrama Mahasiswa UNS di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Kampus menyediakan 114 kamar dengan kapasitas masing-masing 2 orang per kamar.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, penyiapan ini merupakan langkah antisipasi jika tempat-tempat isolasi mandiri lainnya di Kota Solo tak mampu menampung para OTG.

“Sarana dan prasarana UNS memungkinkan sebagai tempat isolasi mandiri. Asrama mahasiswa diinisiasi teman-teman Satgas Covid-19 UNS bisa untuk isolasi mandiri. Ada 114 kamar yang bisa dihuni masing-masing kamar 2 orang,” ujarnya dalam acara virtual Go Live Gotong Royong Bantuan Kemanusiaan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) UNS, Jumat (23/7/2021) malam.

Baca juga: Misteri Warga Newung Hilang Saat Cari Pasir Bengawan Solo

Menurut Jamal, UNS Solo segera melakukan pembersihan lokasi dan penyediaan sarana dan prasarana isolasi mandiri di asrama mahasiswa tersebut.

Jamal menambahkan, selain Asrama Mahasiswa UNS Solo pihaknya sudah memfungsikan Griya Sehat yang berlokasi di sekitar Rumah Sakit (RS) UNS di Kartasura, Sukoharjo sebagai tempat isolasi mandiri.

“Di dekat RS UNS ada Rumah Sehat, itu juga sudah digunakan untuk isolasi mandiri bagi yang membutuhkan tempat,” imbuhnya.

Baca juga: Kisah Bagas Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo: Anak Pak Bon SD Asal Klaten & Mantan Atlet Panahan Andalan Jateng

Di sisi lain, dalam upaya membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya kegiatan vaksinasi, UNS melibatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Mereka diperbantukan untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) dalam kegiatan vaksinasi mahasiswa, hasil kerja sama dengan TNI.

Vaksinasi mahasiswa ini masih bergulir tiga kali dalam sepekan dengan sasaran mahasiswa yang berdomisili di wilayah eks-Keresidenan Surakarta.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut perlunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke Pasar Klewer.

Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, yang sebelumnya dilaporkan terdapat kasus perusakan makam, memiliki sejumlah aturan ketat.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.

Pria Mirip Didi Kempot yang Viral Ternyata Orang Boyolali, Jago Nyanyi Hlo!

Inilah sosok pria yang memiliki paras mirip seniman campursari asal Solo, Didi Kempot. Videonya sempat viral di Instagram beberapa hari lalu.

Mengenang Malam Tragedi Pembantaian PKI di Jembatan Bacem, Puluhan Mayat Terduga PKI Mengapung di Bengawan Solo

Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo merupakan saksi sejarah kelam eksekusi banyak orang terduga anggota dan simpatisan PKI pada 1965.

Kisah Heroik Petugas Palang Pintu Rel KA Selamatkan Orang Hendak Bunuh Diri di Klaten

Seorang petugas penjaga pintu perlintasan KA di Klaten melakukan aksi heroik menyelamatkan orang yang hendak bunuh diri di rel.

Pengumuman Lur! Jl Veteran dan Jl Pemuda Klaten Masih Ditutup Pukul 21.00-05.00 WIB

Ruas Jl Veteran dan Jl Pemuda Klaten dipastikan masih ditutup saban malam hingga pagi. Penutupan dilakukan hingga penutupan itu benar-benar tak lagi dibutuhkan.