SOLOPOS.COM - Petugas keamanan berjaga di pintu utama masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (18/6/2021). UNS Solo melakukan penutupan dan pembatasan sementara seluruh aktivitas selama tujuh hari ke depan yakni mulai 17-25 Juni 2021 pasca meninggalnya empat dosen UNS akibat virus corona. (Solopos.com Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan gedung Asrama Mahasiswa UNS di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Kampus menyediakan 114 kamar dengan kapasitas masing-masing 2 orang per kamar.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, penyiapan ini merupakan langkah antisipasi jika tempat-tempat isolasi mandiri lainnya di Kota Solo tak mampu menampung para OTG.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sarana dan prasarana UNS memungkinkan sebagai tempat isolasi mandiri. Asrama mahasiswa diinisiasi teman-teman Satgas Covid-19 UNS bisa untuk isolasi mandiri. Ada 114 kamar yang bisa dihuni masing-masing kamar 2 orang,” ujarnya dalam acara virtual Go Live Gotong Royong Bantuan Kemanusiaan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) UNS, Jumat (23/7/2021) malam.

Baca juga: Misteri Warga Newung Hilang Saat Cari Pasir Bengawan Solo

Menurut Jamal, UNS Solo segera melakukan pembersihan lokasi dan penyediaan sarana dan prasarana isolasi mandiri di asrama mahasiswa tersebut.

Jamal menambahkan, selain Asrama Mahasiswa UNS Solo pihaknya sudah memfungsikan Griya Sehat yang berlokasi di sekitar Rumah Sakit (RS) UNS di Kartasura, Sukoharjo sebagai tempat isolasi mandiri.

“Di dekat RS UNS ada Rumah Sehat, itu juga sudah digunakan untuk isolasi mandiri bagi yang membutuhkan tempat,” imbuhnya.

Baca juga: Kisah Bagas Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo: Anak Pak Bon SD Asal Klaten & Mantan Atlet Panahan Andalan Jateng

Di sisi lain, dalam upaya membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya kegiatan vaksinasi, UNS melibatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Mereka diperbantukan untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) dalam kegiatan vaksinasi mahasiswa, hasil kerja sama dengan TNI.

Vaksinasi mahasiswa ini masih bergulir tiga kali dalam sepekan dengan sasaran mahasiswa yang berdomisili di wilayah eks-Keresidenan Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya