SOLOPOS.COM - Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di area Asrama Haji Donohudan, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Lokasi karantina terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali, saat ini terisi penuh pasien positif Covid-19 tanpa gejala sesuai kapasitas 820 tempat tidur.

Dari jumlah itu, 666 orang di antaranya berasal dari Solo. Hal itu diungkapkan Wakil Komandan Satgas Lokasi Karantina Terpusat Asrama Haji Donohudan Boyolali, Morry Ermond, kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kapolres Boyolali itu mengatakan saat ini kapasitas lokasi karantina terpusat Asrama Haji Donohudan sudah terisi penuh.

Baca Juga: Sejumlah Legislator DPRD Boyolali Positif Covid-19, Kegiatan Kedewanan Disetop Sementara

Dengan begitu untuk sementara Asrama Haji Donohudan Boyolali tidak bisa menampung pasien Covid-19 baru. “Sementara demikian. Untuk total kapasitas ada 820 tempat tidur,” kata Morry.

Ia mengatakan dari jumlah pasien yang menjalani karantina di lokasi tersebut, sebanyak 666 orang berasal dari Kota Solo. Penambahan jumlah pasien positif corona yang menjalani karantina di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, ini tergolong cepat.

Pada 22 Juni lalu, masih ada sekitar 449 tempat tidur yang kosong. Namun pada Kamis (1/7/2021) sudah terisi penuh. Morry mengatakan Asrama Haji Donohudan Boyolali sudah mendapat perintah dari Polda maupun Mabes Polri dan hasil koordinasi dengan Pangdam IV Diponegoro untuk mengover pasien Covid-19 wilayah Soloraya.

Baca Juga: Pasar Simo Boyolali Tutup Gegara 12 Pedagang Positif Corona, Satgas Covid-19 Lakukan Ini

Pengamanan Tiga Ring

“Dalam artian masyarakat Soloraya [yang terkonfirmasi positif Covid-19] tanpa gejala bisa dirawat, dengan syarat tertentu. Salah satunya rekomendasi kabupaten/kota,” katanya.

Di lokasi tersebut juga sudah diterapkan sistem pengamanan tiga ring untuk memastikan keamanannya. “Kami TNI Polri berada di ring tiga atau ring hijau untuk pengamanan. Masyarakat Boyolali, terutama warga Ngemplak jangan khawatir. Pasien akan sulit menularkan kepada masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Baca Juga: Kembali Zona Merah, Boyolali Catatkan Rekor Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi

Sebelumnya, seperti diberitakan detikcom, Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama, Solo, Kolonel Inf Deddy Suryadi, membantah informasi bahwa Asrama Haji Donohudan penuh. “Tidak, belum penuh saat ini masih ada 190-an kamar,” kata Deddy kepada detikcom, Selasa (29/6/2021).

Deddy tidak menampik memang ada pasien yang sempat ditolak saat akan masuk ke Asrama Haji Donohudan. Menurutnya, langkah tersebut terpaksa dilakukan lantaran pasien yang ditolak itu tidak mengikuti standard operating procedure (SOP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya