Solopos.com, GROBOGAN — Warga menggunakan perahu rakit menyeberangi sungai saat prosesi Tradisi Asrah Batin di Sungai Tuntang, Desa Ngombak, Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (16/10/2022).

PromosiSemarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun dan digelar setiap dua tahun sekali pada tahun genap tersebut dilakukan oleh warga dua desa yaitu Desa Karanglangu dan Desa Ngombak untuk mengenang pertemuan dua saudara yang telah lama berpisah sekaligus untuk mempererat hubungan warga kedua desa itu.

Tradisi Asrah Batin memiliki hubungan yang erat dengan kepercayaan warga dengan sosok Kedhana dan Kedhini, yaitu Raden Sutejo dan Roro Musiah, yang diyakini pendiri dan leluhur Desa Karanglangu dan Desa Ngombak. Menurut Cerita Kedhana dan Kedhini adalah saudara kandung. Mereka terpisah sejak waktu kecil.

 

Sejumlah sesepuh desa mengikuti prosesi Tradisi Asrah Batin di Sungai Tuntang, Desa Ngombak, Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (16/10/2022). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Ratusan warga menyaksikan prosesiTradisi Asrah Batin di Sungai Tuntang, Desa Ngombak, Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (16/10/2022). (Antara/Yusuf Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi