SOLOPOS.COM - Tim tallent schooting dari Asprov PSSI DIY saat memimpin jalannya seleksi pemain untuk Timnas U-19 di Lapangan Gamelan, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Senin (13/2/2017) siang. (Jumali /JIBI/Harian Jogja)

Asprov PSSI DIY membuka seleksi tahap pertama

Harianjogja.com, SLEMAN — Sedikitnya 200 pesepak bola mengikuti seleksi terbuka yang digelar oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY di Lapangan Gamelan, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Senin (13/2/2017) siang. Dari jumlah tersebut, Asprov PSSI hanya merekomendasikan sebanyak 15 pemain untuk diikutkan dalam seleksi Timnas U-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami ambil 15 pemain. Ini sesuai dengan surat yang kami terima dari PSSI. Kelima belas pemain ini dari berbagai posisi,” kata Herwin Sjahrudin, koordinator tim tallent schooting dari Asprov PSSI DIY di sela-sela seleksi, Senin (13/2/2017).

Menurut Herwin, pada seleksi hari pertama kali ini, pihaknya menetapkan standar untuk pemain yang dinyatakan lolos. Selain harus berusia di bawah 19 tahun dengan ditunjukkan pada kepemilikan KTP dan Akta kelahiran, para pemain tersebut juga harus lolos tiga aspek penilaian.

Adapun ketiga aspek tersebut adalah postur minimal 170 sentimeter, memiliki visi permainan dan memiliki kecepatan serta kelincahan. “Namun, jika ada yang di bawah 170 sentimeter, dan memiliki skill di atas rata-rata, tidak masalah,” terang dosen UNY ini.

Herwin mengungkapkan untuk mempermudah seleksi, dirinya dibantu beberapa orang tallent schooting dari Asprov PSSI DIY. Selain melihat sekilas postur para pemain, pesepak bola yang ikut seleksi juga dites kemampuannya dalam sesi game. Setidaknya ada 10 game digelar dengan asumsi sekali game diikuti 22 pemain. “Dari situ kami akan lihat kemampuan mereka,” terang Herwin.

Mengenai proses seleksi, Herwin menyatakan digelar dua hari yakni kemarin dan sore ini. Nantinya pemain hasil seleksi hari pertama akan kembali dicoba pada seleksi sore ini di Stadion Sultan Agung Bantul. “Harapannya, dari sini akan ada yang mampu menembus level Nasional nantinya,” harap Herwin.

Sejauh ini, dari penjaringan pemain muda, DIY telah mampu meloloskan sedikitnya tiga pemain untuk Timnas U-19. Ketiga pemain tersebut adalah Martunis, Dinan Javier dan Bagas Adi Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya