SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang menggagas gerakan donasi buku di daerah setempat. Para aparatur sipil negara (ASN) didorong mengawal gerakan itu sebagai upaya memfasilitasi pengadaan buku referensi perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa.

Bupati Batang Wihaji mengatakan gerakan satu ASN menyumbangkan satu buku ini merupakan contoh kepada masyarakat agar mereka ikut mengawal gerakan tersebut. “Jika kita hanya sekadar menyerukan gerakan donasi buku namun tanpa memberikan contoh maka masyarakat akan sulit meniru apa yang akan dilakukan pemkab,” katanya seusai membuka Pekan Raya Batang (PRB) 2019 yang digelar di Jl. Veteran, Batang, Jateng, Jumat (2/8/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Batang juga mengapresiasi konsep pameran buku yang dikemas menjadi kegiatan PRB 2019,  hal itu akan mendorong minat masyarakat membeli buku untuk menambah pengetahuan. Dengan aneka stan dan rangkaian acara yang ada—termasuk stan buku, ia berharap kegiatan ini bisa memantik minat masyarakat untuk membeli dan mencintai buku.

PRB 2019 ini diikuti oleh 143 stan buku dan multiproduk, ujarnya. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang Rakhmat Nurul Fadilah mengatakan beberapa buku bantuan dari ASN ini nantinya akan disumbangkan pada perpustakaan yang membutuhkan.

“Tim Disperpuska bekerja sama dengan komunitas di Batang akan mengumpulkan buku-buku dari ASN. Kegiatan donasi buku Ini berawal dari semangat para komunitas yang punya permasalahan terkait kurangnya bahan bacaan,” katanya.

Ia menambahkan PRB 2019 itu bisa mendorong giat literasi di daerah setempat agar lebih baik sedang sekitar 6.000 buku yang terkumpul dari ASN bisa disalurkan ke komunitas dan perpustakaan yang masih membutuhkan bantuan bahan pustaka.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya