SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Destinasi wisata instagramable masih menjadi tren saat ini. Kegiatan swafoto yang banyak digemari masyarakat saat ini menjadikan destinasi wisata yang memiliki pemandangan menarik untuk berfoto menjadi daya tarik tersendiri.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo, Pri Siswanto, mengatakan daya tarik destinasi wisata sangat terpengaruh oleh segmen wisayawan. Ada beberapa kalangan yang sangat tertarik dengan destinasi yang menonjolkan budaya, namun ada juga yang tertarik dengan objek wisata kekinian. Meski begitu secara umum menurutnya saat ini destinasi yang banyak diminati wisatawan adalah destinasi yang melibatkan wisatawan. “Wisata jalan-jalan sekarang sudah banyak diminati. Selain destinasi decara fisik, bisa angkat budaya masyarakat. Belum lama ini kami juga mengenalkan destinasi di wilayah Baluwarti dimana wisatawan bisa belajar menganyam janur, kelas memasak masakan lokal dan sebagainya. Selain itu saat ini wisata foto masih selalu menarik. Orang tidak afdal kalau tidak selfie,” kata dia kepada wartawan di Solo belum lama ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terkait dengan minat masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata, dia menilai setiap tahunnya selalu ada. Secara rinci dirinya tidak bisa menyebutkan jumlahnya meningkat atau tidak. Namun yang jelas tujuan wisata selalu banyak peminat. Bahkan untuk saat ini sulit untuk menentukan momentum yang menjadi puncak kunjungan wisatawan. “Untuk wisatawan mancanegara mungkin masih dipengaruhi oleh iklim di negara asalnya. Namun untuk wisatawan domestik, saat ini tidak menumpuk di satu momentum saja. Saat ini lebih merata. Sulit menentukan waktu yang menjadi puncak kunjungan,” kata dia.

Dia mengatakan untuk akses wisatawan domestik saat ini cenderung tidak ada masalah. Berbeda dengan akses wisatawan mancanegara. “Solo saat ini tidak ada penerbangan langsung. Jadi untuk menjual Solo tentu tidak bisa dijual sendiri. Bisa dibarengkan dengan daerah lain, atau kerja sama dengan travel agent dari daerah lain,” lanjut dia. Baginya kegiatan Bengawan Solo Travel Mart yang digelar saat ini menjadi salah satu upaya untuk menawarkan Solo dengan menjalin kerja sama para buyer dari daerah di luar Solo.

Direktur Surga Tour, Malang, Toni, mengatakan saat ini destinasi wisata instagrammable masih menjadi tren. Banyak orang ingin menunjukkan eksistensinya dengan menunjukkan foto di media sosial. “Jadi selalu kami masukkan untuk destinasi yang instagrammable itu,” kata dia saaat ditemui di Karanganyar, belum lama ini. Dia juga mengatakan saat ini wisatawan khususnya untuk domestik akan selalu mencari hal-hal yang baru untuk dituju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya