SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Ahok, mendukung Asian Paragames 2018 di Indonesia (Liputan6.com)

Asian Paragames 2018 akan digelar di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan olahraga untuk difabel terbesar di Asia, Asian Paragames 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diberitakan Antara, Sabtu (20/6/2015), Presiden Asian Paralympic Committee (APC), Majid Rashed, mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018 yang akan digelar pada September 2018 mendatang di Jakarta.

“Kejuaraan Asian Paragames 2018 akan menggunakan tempat dan fasilitas yang sama dengan Asian Games 2018 dan diperkirakan akan hadir perwakilan 42 negara serta 7.000 atlet peserta dalam 10 hari pelaksanaan,” kata Majid.

Hal tersebut ia katakan saat bersama sejumlah pengurus National Paralympic Committee (NPC) bertemu dengan Gubernur DKI, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), yang didampingi Asdep Olahraga Layanan Khusus Kemenpora, Bayu Rahadian, dan Deputi Bidang Pariwisata Pemprov DKI, Silviana Murni, di Kantor Balai Kota Jakarta.

Majid mengatakan nantinya akan ada 15 cabang olahraga yang akan digelar di Asian Paragames 2018, yaitu atletik, renang, angkat beban, tenis meja, tenis kursi roda, bulu tangkis, bowling, boccia, panahan, sepak bola 7-a-side, goalball, voli duduk, basket kursi roda, menembak, dan judo.

Sementara itu, Ahok sangat mendukung langkah NPC, APC, dan Kemenpora yang akan menggelar Asian Paragames 2018.

“Pemprov DKI Jakarta telah memiliki peraturan terkait Penyandang Disabilitas, yakni Perda No. 10/2011 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas dan telah dibentuk Lembaga Perlindungan Penyandang Disabilitas [LPPD] melalui Pergub No.24/2013 yang beranggotakan 31 Satuan Kerja Perangkat Daerah [SKPD],” kata Ahok.

Menurut Ahok, SKPD ini diketuai Wagub Djarot sebagai komitmen melindungi penyandang disabilitas. “Pemprov DKI akan menyiapkan fasilitas seperti Wisma Atlet Kemayoran dan Velodrome,” kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Majid menyambut gembira kesiapan Pemprov DKI untuk menyelenggarakan Asian Paragames 2018.

“Saya yakin Jakarta ini akan menjadi kota yang sangat maju ke depan. Anda punya orang-orang yang hebat di kota ini dan saya sering mendengar kepemimpinan dan kebijakan Anda yang cukup excellent dari tempat kami di Dubai, Uni Emirat Arab,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, pelaksanaan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018 memang masih lama. Namun segala persiapan harus dilakukan dengan cepat dan terarah.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyebutkan, Indonesia membutuhkan Rp3 triliun untuk menggelar Asian Games 2018.

Anggaran sebanyak itu harus segera disiapkan pemerintah Indonesia, agar persiapan Asian Games 2018 bisa berjalan maksimal. Anggaran Rp3 triliun tersebut digunakan untuk persiapan atlet dan infrastruktur.

Menpora Imam Nahrawi kepada sejumlah wartawan menegaskan anggaran Rp3 triliun harus segera dipersiapkan.

“Saya belum tahu secara pasti berapa total anggaran Asian Games. Kita tidak hanya menyiapkan atlet, infrastruktur, tapi juga beberapa hal lainnya. Menurut perkiraan, minimal Rp3 triliun harus bisa disiapkan,” ujar Imam.

Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018 menjadi pembuktian bagi Indonesia untuk bisa dikenal luas sebagai tuan rumah kegiatan olahraga terbaik dan terhebat di Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya