SOLOPOS.COM - FINAL RENANG 50 METER GAYA BEBAS

Asian Para Games 2018 memainkan cabang olahraga renang.

Solopos.com, SOLO — Meski menjadi cabang olahraga (cabor) paling subur setelah memborong 39 medali emas pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, kontingen renang hanya ditarget meraih empat medali emas pada ajang Asian Para Games 2018.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Target empat medali emas itu dianggap sudah realistis mengingat tingkat persaingan dalam Asian Para Games 2018 lebih sengit dibandingkan ASEAN Para Games 2017. “Meski bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia total hanya memasang target 22 medali emas. Untuk cabor renang memang ditarget empat medali emas. Tapi, target itu sudah realistis,” kata pelatih renang, Handoko Purnomo, saat ditemui Solopos.com di Hotel Sahid Jaya, Kamis (1/2/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Handoko menjelaskan persaingan perebutan medali emas di Asian Para Games 2018 cukup berat karena sejumlah negara sudah melakukan pembinaan atlet lebih matang. Dia memprediksi sejumlah negara seperti Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, India dan lain-lain bakal tampil dominan. Dia juga tidak menafikan potensi kejutan dari sejumlah negara pecahan Uni Soviet seperti Kazakhstan, Kirgizstan, Rusia, Uzbekistan dan lain-lain.

“Harus diakui, pembinaan atlet di negara-negara itu lebih baik dari kita. Pembinaan atlet kita hanya berlangsung selama pelatnas. Di sana, tanpa pelatnas, hampir setiap hari mereka bisa latihan. Atlet kita tidak bisa latihan selain di pelatnas karena di rumah mereka tidak punya fasilitas yang memadai,” ucap Handoko.

Selain memborong 39 medali emas, 16 medali perak dan 12 medali perunggu di ASEAN Para Games 2017, atlet cabor renang juga membuat 28 rekor baru. Namun, prestasi mencorong itu belum cukup jadi modal berharga untuk bertarung di Asian Para Games 2018.

“Sekarang kami masih punya waktu sekitar tujuh bulan untuk mematangkan latihan. Kami tahu target itu berat, tapi kami akan berusaha maksimal untuk mencapainya,” kata Dimin, pelatih renang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya