SOLOPOS.COM - Stadion GBK (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mengusulkan agar Kota Jakarta ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kompetisi olahraga se-Asia, yakni Asian Games 2018.

“Dulu, 1962, Jakarta pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Rencananya, kita mau mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah lagi dalam Asian Games 2018,” katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, Jakarta memiliki peluang yang besar untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games 2018, karena itu dia berencana pergi ke Kuwait untuk menemui Olympic Council of Asia (OCA) dan menyampaikan perihal tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau dihitung-hitung lagi, sudah lama sekali Kota Jakarta tidak menjadi tuan rumah Asian Games. Makanya, untuk merealisasikan rencana itu, saya harus ketemu langsung dengan pihak OCA,” ujar Basuki.

Ia menuturkan bila nantinya Kota Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah, maka pembenahan infrastruktur harus segera dilakukan, terutama yang berkaitan dengan sarana olahraga.

“Sejumlah sarana olah raga, di antaranya Stadion Gelora Bung Karno itu harus direnovasi lagi, kemudian pembangunan Stadion Taman Bersih, Manusiawi, Wibawa (BMW) juga harus segera dirampungkan,” tutur Basuki.

Selain infrastruktur, dia mengungkapkan hal lain yang harus diperbaiki dalam rangka mendukung penyelenggaraan even olahraga tersebut adalah ketersediaan layanan transportasi massal.

“Maka dari itu, kita harapkan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT), jalur lingkar layang KRL, enam ruas jalan tol serta perbaikan sistem bus kota sudah dapat direalisasikan sepenuhnya pada 2016 atau 2017,” ungkap Basuki.

Dia pun mengharapkan adanya partisipasi dari pemerintah pusat terkait rencana penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 2018. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya