SOLOPOS.COM - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (JIBI/Harian Jogja/Badmintonindonesia)

 

Harianjogja.com, INCHEON — Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir makin menambah pundi-pundi medali untuk Indonesia dari cabang bulutangkis di Asian Games 2014 dengan melaju ke babak semifinal.
Dua medali sebelumnya telah dipersembahkan oleh Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri) dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra).
Tiket semifinal diraih Tontowi/Liliyana yang merupakan pasangan rangking empat dunia ini usai mengalahkan wakil tuan rumah, Shin Baek Cheol/Chang Ye Na, 19-21, 21-16, 21-9.
Laga kedua pasangan sempat berlangsung sengit di game pertama dan perolehan skor tak pernah terpaut jauh. Sayang, Tontowi/Liliyana beberapa kali melakukan kesalahan sendiri dan hal ini dimanfaatkan oleh Shin/Chang untuk terus menekan.
“Pada game pertama, kami masuk di pola permainan lawan. Saat mendapat arahan dari pelatih, baru kami menyadari kenapa kami masuk pola permainan mereka, seharusnya kami tetap pada pola kami. Di game kedua, kami pun langsung menerapkan pola permainan kami dan berhasil,” ungkap Liliyana yang dijumpai di Gyeyang Gymnasium seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (27/9/2014).
Game penentuan sepenuhnya dikuasai oleh Tontowi/Liliyana yang unggul jauh hingga 7-0. Keduanya semakin tak terbendung dan sempat membuat Shin/Chang terlihat frustasi karena tidak tahu harus menerapkan permainan seperti apa lagi. Semua sambaran mereka mampu dikembalikan dengan baik oleh Tontowi/Liliyana, mereka pun tertinggal jauh 5-15.
“Di game ketiga kami tampil lebih fokus. Kunci kemenangan kami yang utama itu fokus, terutama di saya. Kalau saya sudah bisa fokus, Cik Butet (panggilan Liliyana) pasti lebih enak mengatur di depan net,” ujar Tontowi.
“Kami juga menerapkan permainan yang benar, bukan cuma adu kencang-kencangan saja, tetapi lebih mengatur tempo,” imbuh Liliyana yang bersama Tontowi merupakan juara All England tiga kali pada tahun 2012, 2013 dan 2014.
Pada babak semifinal, Tontowi/Liliyana kemungkinan besar akan berhadapan dengan musuh bebuyutan mereka asal Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin. Masih ada kesempatan menambah wakil ke semifinal dari nomor ganda campuran lewat pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto yang akan menantang tuan rumah sekaligus unggulan keempat, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya