SOLOPOS.COM - Ferdinand Sinaga (JIBi/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia lolos ke 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2014 setelah menang telak 4-0 atas Maladewa dalam pertandingan kedua Grup E cabang sepak bola Asian Games di Stadion Incheon, Korea Selatan, pada Kamis (18/9/2014) siang.

Keempat gol Indonesia dicetak Ramdhani Rizki Lestaluhu, dua dari Ferdinand Alfred Sinaga, dan Bayu Gatra Sanggiawan.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh RCTI, Timnas Indonesia U-23 membuka skor berkat gol Ramdhan Rizki Lestaluhu pada menit ke-13 setelah dengan cerdik meloloskan diri dari jebakan offside dan melepas bidikan keras ke pojok kanan atas gawang Maladewa dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-26 Ramdhani hampir saja menggandakan keunggulan Merah Putih. Bermula dari gerakan Alfin Ismail Tuasalamony mengiris sisi kiri wilayah pertahanan Maladewa, umpan tarik diberikan ke Ramdhani, namun tendangan Ramdhani masih melambung di atas mistar gawang meskipun dia tanpa penjagaan pemain belakang lawan.

Menit 39, kembali Indonesia mendapat peluang. Umpan silang Ramdhani salah diantisipasi Mohammed Arif dan gelandang Maladewa itu hampir membuat gol bunuh diri, tetapi bola masih bisa diantisipasi kiper Mohammed Jazlaan.

Satu menit kemudian Fandi Eko Utomo menjebol gawang Maladewa, namun telah telanjur berdiri dalam posisi offside.

Pada menit ke-43 giliran Maladewa membahayakan gawang Indonesia yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Sundulan kepala yang keras dari jarak dekat oleh Mohammed Hamza masih bisa ditepis Andritany dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menutup babak pertama, Fandi mendapat dua peluang. Satu tendangan kerasnya masih bisa diblok kiper Jazlaan, dan satu lagi hanya tipis di sisi luar kiri gawang Maladewa. Skor saat turun minum 1-0 untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia menekan langsung lini belakang Maladewa dan hasilnya skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-49 setelah Ferdinand Alfred Sinaga dengan dingin menuntaskan umpan silang Bayu Gatra Sanggiawan dari sisi kiri wilayah pertahanan lawan.

Indonesia menambah keunggulan menjadi 3-0 setelah kerja sama cantik barisan depan Indonesia gagal dimentahkan Maladewa dan diakhiri tendangan keras dari dalam kotak penalti oleh Bayu Gatra pada menit ke-56.

Pada menit ke-60 kiper Andritany harus digantikan Teguh Amirudin lantaran cedera setelah berbenturan dengan striker Maladewa Mohammed Muslih.

Begitu Teguh masuk, dia langsung mendapat percobaan dari kapten Maladewa Asadhulla Abdullah dengan tendangan mendatar dari sudut sempit, namun masih bisa diblok dengan kaki kanan Teguh.

Indonesia memiliki dua peluang lagi memasuki 15 menit terakhir laga. Pada menit ke-75 sundulan kepala Ramdhani menyambut tendangan bebas kapten Dedi Kusnandar tipis saja menyamping kiri gawang lawan dan semenit kemudian tendangan bebas Ferdinand ke pojok kiri atas bisa ditepis dengan susah payah oleh kiper Jazlaan.

Menit ke-78 Ramdhani cedera setelah kakinya diinjak gelandang Hussain Nihaan. Ramdhani digantikan oleh Rasyid Akbar.

Hanya berselang 3 menit kemudian Indonesia menambah keunggulan menjadi 4-0 melalui tendangan penalti Ferdinand. Wasit asal Irak Al Sabah Adday Al-Qaysi menunjuk titik putih setelah Alfin tuasalamony dilanggari di kotak penalti oleh bek Samdhooh Mohammed. Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Ini merupakan pertandingan kedua bagi Dedi Kusnandar dkk. setelah dalam laga perdana menang telak dengan skor 7-0 atas Timor Leste. Dengan kemenangan ini, skuat asuhan Aji Santoso akan lolos ke babak 16 besar, bertemu dengan Tiongkok atau Korea Utara

Susunan pemain kedua kesebelasan :

Maladewa U-23: Jazlan; Numaan, Mohamed Samdhooh, Ali Amdhan, Ahmed Shaflu; Arif Mohamed, Shifaz Hassan, Mohamed Hamza, Yaamin Moosa, Irfan Mohamed; Abdulla Asadhulla.

Cadangan: Hussain, Muslih, Mujuthaaz, Imaaz, Ibrahim, Yasfaadh, Shareef, Saaif, Haseeb.

Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa; Dany Saputra, Victor Igbonefo, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony; Ramdani Lestaluhu, Fandi Eko, Achmad Jufriyanto, Bayu Gatra; Yandi Sofyan, Ferdinand Sinaga.

Cadangan: Teguh, Zaenuri, Syakir, Dedi, Rasyid, Syaiful, Riz Pellu, Novri, Aldaier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya