Asia Benua Paling Inovatif, Huawei Paling Banyak Ajukan Paten

World Intellectual Property Organization (WIPO) menerima pendaftaran 253.000 paten berdasarkan Patent Cooperation Treaty sepanjang 2018.

Asia Benua Paling Inovatif, Huawei Paling Banyak Ajukan Paten

SOLOPOS.COM - Ponsel Huawei Mate X dipamerkan dalam Mobile World Congress, MWC 19, di Barcelona, Spanyol, Senin (25/2/2019)./REUTERS-Sergio Perez

Solopos.com, JAKARTA – Perusahaan Asia memimpin inovasi global berdasarkan jumlah hak paten yang diajukan sepanjang 2018. Huawei asal China adalah perusahaan dengan jumlah pendaftaran paten terbanyak yaitu 5.405, jauh lebih banyak dibanding perusahaan yang berada di posisi kedua.

World Intellectual Property Organization (WIPO), badan PBB yang mengelola hak intelektual global, menerima pendaftaran 253.000 paten berdasarkan Patent Cooperation Treaty sepanjang 2018. Jumlah pengajuan tersebut naik 3,9 persen dibanding 2017. Jumlah pengajuan paten terbanyak berasal dari Amerika Serikat, yaitu 56.142 aplikasi, diikuti oleh China sebanyak 53.345 aplikasi, dan Jepang sebanyak 49.702 pengajuan.

WIPO menyatakan lebih dari setengah (50,5 persen) dari seluruh paten yang diterima sepanjang 2018 berasal dari perusahaan atau individu yang berbasis di Asia. “Asia saat ini merupakan asal aplikasi paten utama melalui WIPO. Ini adalah momentum yang penting, menunjukkan pergeseran aktivitas inovasi dari barat ke timur,” kata Dirjen WIPO Francis Gurry dalam siaran pers WIPO, Selasa (19/3/2019).

Made with Flourish

Perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei, mengajukan 5.405 aplikasi paten sepanjang 2018, perusahaan teratas dalam hal pengajuan paten. Perusahaan dengan jumlah aplikasi paten kedua adalah Mitsubishi asal Jepang dengan 2.812 paten, sedangkan perusahaan teratas asal AS adalah Intel dengan 2.499 paten.

“Ha katas karya intelektual adalah elemen penting dalam berkompetisi di ekonomi global. Semua orang akan diuntungkan dari perlombaan untuk berkreasi dan berinovasi demi menciptakan produk baru yang akan mengubah dunia dan cara kita hidup di seluruh belahan dunia,” kata Gurry.

Made with Flourish

Berdasarkan bidang, inovasi dalam teknologi komunikasi digital dan teknologi komputer adalah yang paling banyak didaftarkan sepanjang 2018. WIPO menerima aplikasi paten untuk 20.271 paten di bidang komunikasi digital dan 19.152 paten di bidang teknologi komputer.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pelaku Usaha Empon-Empon Boyolali Ikut Terpukul Dampak PPKM Darurat

Kalangan pelaku usaha empon-empon di Kabupaten Boyolali turut terdampak PPKM darurat yang dilanjut dengan PPKM level.

Alaska Putri Klaten Bidik Gelar di Ajang Gerakan Sepak Bola Wanita Jateng 2021

Tim sepak bola putri Aliansi Suporter Klaten (Alaska) menargetkan trofi dalam kompetisi Gerakan Sepak Bola Wanita (GSWI) Regional Jateng U-23.

Kerap Diserang Netizen, Pandji Pragiwaksono Kangen Era SBY

Pandji Pragiwaksono kerap menerima komentar pedas dari sejumlah tokoh yang merupakan pendukung pemerintah.

Suporter Persis Solo akan Jadi Sasaran Vaksinasi, Begini Tanggapan Pentolan Pasoepati

Sejumlah tokoh suporter di Kota Solo menyambut baik rencana DPP Pasoepati yang hendak menggelar program vaksinasi suporter bersama Pemkot Solo.

Pencairan Insentif Penanganan Covid-19 Untuk Nakes Kota Solo Lampaui 50%

Pencairan insentif untuk para tenaga kesehatan atau nakes yang menangani pasien Covid-19 di Kota Solo sudah melampaui 50%.

HERO Alihkan Gerai ke Pihak Ketiga

Hero secara keseluruhan kini mengoperasikan 395 gerai tetapi angka tersebut akan berkurang menyusul peralihan fokus yang sedang dilakukan.

Gubernur DKI Minta Dua Harimau Ragunan Dites PCR

Gubernur DKI berpesan agar pengelola terus memantau kondisi kesehatan Tino, Hari maupun satwa lainnya yang ada di TMR.

Mantap! Tempat Isolasi Terpusat GOR Gelarsena Klaten Bakal Dilengkapi Fasilitas Olahraga dan Buku

Fasilitas di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten bakal ditambah. Rencananya, tempat isolasi terpusat itu bakal ditambahi perlengkapan olahraga hingga buku.

Kisah Pilu Azalea, Bayi 9 Bulan asal Sragen yang Harus BAB Lewat Perut

Nasib malang dialami bayi berumur sembilan bulan asal Sidoharjo, Sragen, yang mengalami kelainan hingga harus BAB lewat perut.

Dua Harimau Ragunan Tertular Corona dari Siapa?

Ada kemungkinan kedua satwa itu tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG).

Ulama Golkar: Saatnya Pak Airlangga Jadi Presiden

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Perawat RSUD Bung Karno Solo Tengah Hamil 7 Bulan Meninggal Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Perawat RSUD Bung Karno Solo meninggal dunia dalam kondisi hamil tujuh bulan dan terkonfirmasi positif virus coron, Minggu (1/8/2021).