SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Akademi Seni Mangkunagaran (ASGA) Solo menerima mahasiswa baru angkatan 2011. Program studi yang ditawarkan adalah program D3 Pedalangan, D3 Tari, D3 Teater, D3 Seni Pertunjukkan dan Protokoler.

Salah seorang pelaksana Humas yang juga staf pengajar ASGA, Dra Darweni, menjelaskan ciri khas pembelajaran di ASGA adalah adanya kuliah khusus tentang budaya yang bersumber dari Mangkunagaran. “Misalnya yang belajar tari, akan belajar tari khas Mangkunagaran, tata rias yang diajarkan juga khas Mangkunagaran,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/7/2011).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Oleh karena itu, ungkapnya, beberapa narasumber yang memberikan materi kepada mahasiswa adalah orang-orang yang sangat paham soal budaya Mangkunagaran. Walaupun mereka tidak berpendidikan umum tinggi, mereka tetap bisa menjadi narasumber. “Mahasiswa ASGA tetap mendapatkan kuliah umum sebagaimana mahasiswa institusi lainnya,” jelasnya.

Ekspedisi Mudik 2024

ASGA yang berdiri sejak 2006 ini, ungkapnya memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Produksi yang merupakan pendekatan baru dalam pelestarian seni budaya tradisional. Seni budaya ditempatkan sebagai kegiatan utama dalam konservasi kebudayaan Mangkunagaran, beserta konteksnya secara natural. Dengan demikian ada kegiatan korelatif antara konservasi (eksplorasi, restorasi, aktualisasi) dan pemanfaatannya sebagai sajian materi.

“UPT Rumah Produksi akan menyediakan pekerjaan bagi mahasiswa dan lulusan ASGA, baik dalam pentas-pentas di Mangkunagaran sendiri, pentas dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat, hingga produksi kreatif untuk berbagai media seperti televisi dan media lainnya,” terangnya.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar, imbuhnya, harus memiliki ijazah SMA/sederajat. Membeli formulir pendaftaran dan mengisinya serta dilampiri pasfoto 3 x 4 cm dan 2 x 3 cm. Selama ini, mahasiswa ASGA tidak hanya berasal dari Solo, tapi juga dari wilayah Soloraya lainnya dan Jawa Timur.

(ewt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya