Ilustrasi pelayanan hotel. (parksleepfly.com)

Solopos.com, SEMARANG — Pergelaran olahraga Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang membuat okupansi hotel di ibu kota Jawa Tengah tersebut penuh. ASG ke-11 di Semarang yang berlangsung 18-24 Juli 2019 diikuti perwakilan 10 negara di Asia Tenggara, dan Mongolia sebagai tamu. Ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni renang, atletik, bulu tangkis, bola basket, bola voli, sepak takraw, tenis meha, dan pencak silat.

Semarang memang tengah menggiatkan acara olahraga. Sebelumnya, pada 13-14 Juli 2019, ibu kota Jateng ini menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Motocross MXGP 2019, yang diikuti 41 pebalap dari 18 negara.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono berterima kasih atas penunjukkan Semarang sebagai tuan rumah ASG 2019. Hal ini turut membantu mendorong ekonomi daerah. “Misalnya, karena menjadi tuan rumah ASG 2019, okupansi hotel di Semarang penuh,” paparnya  Kamis (18/7/2019).

Dia pun menawarkan enam wisata kota yang dapat dinikmati pengunjung, yakni Kuil Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Kota Lama, Masjid Agung, Pagoda Watugong, dan Pura Agung Giri Nata. Selain tur kota, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Jateng. Sri juga mengimbau agar masyarakat Semarang dan Jateng menyambut baik tamu-tamu dari Asia Tenggara.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Soekowardojo menyampaikan pihaknya tentu mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui pergelaran olah raga dan pameran. Bahkan, ASG 2019 membuat hotel berbintang 4-5 penuh dengan tamu. Artinya, daya beli pengunjung sangat tinggi.

“Kalau kita lihat, yang pertama penuh itu justru hotel bintang 5, kemudian ke bawahnya bintang 4, dan seterusnya,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten