Aset PT BPR Bank Sukoharjo Tumbuh Melesat, Lebih dari Rp43 Miliar dalam 4 Tahun

Aset PT BPR Bank Sukoharjo tumbuh melesat selama empat tahun periode 2017-2021

Selasa, 27 September 2022 - 19:12 WIB Penulis: Magdalena Naviriana Putri Editor: Ika Yuniati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - (Dari kiri) Direktur Utama PT BPR Bank Sukoharjo, Maryanto, Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa saat berfoto bersama penerima undian speda motor Honda PCX di Pendapa Graha Satya Praja, Sukoharjo, Selasa (27/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO Kinerja PT BPR Bank Sukoharjo dilaporkan tumbuh positif selama empat tahun terakhir tepatnya periode 2017-2021.

Sementara aset Bank Sukoharjo melesat selama empat tahun periode 2017-2021. Nilai aset pada Desember 2017 senilai Rp87.925.186.467. Empat tahun berselang, nilai aset Bank Sukoharjo meningkat hingga Rp130.964.912.662 pada Desember 2021.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT BPR Bank Sukoharjo terus tumbuh sebagai lembaga keuangan daerah yang berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Sukoharjo maupun pertumbuhan ekonomi daerah.

Selama periode kinerja 2021/2022 PT BPR Bank Sukoharjo juga telah mendapatkan empat penghargaan.

Di antaranya sebagai Top BPR milik Pemda no. 11 untuk aset Rp100 miliar-Rp200 miliar. Selain itu pihaknya juga mendapat penghargaan sebagai Top 100 BPR no.12 dengan penghargaan bintang lima atas kinerja selama tiga tahun terakhir.

Selain itu dua penghargaan lain antara lain Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Awards kategori pendidikan dan disabilitas. Selain itu pihaknya juga mendapat penghargaan sebagai Top BPR no.28 untuk aset Rp100 miliar-Rp200 miliar.

Baca juga: BPR Artha Sari Sentosa, Tetap Eksis Ditempa Krisis

Hal seperti disampaikan Direktur Utama PT BPR Bank Sukoharjo, Maryanto, saat ditemui dalam kegiatan Penarikan Undian Tabungan Simanis PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) Periode ke 19 pada Selasa (27/9/2022) di Pendapa Graha Satya Praja, Sukoharjo.

“Saat ini nilai aset kami di 2022 sejumlah Rp134.834.635.460. Tren kinerja positif ini harus bisa dipertahankan. Kalau bisa terus ditingkatkan demi melayani nasabah. Kami harus meningkatkan pelayanan nasabah,” katanya.

Maryanto juga mengatakan PT BPR Bank Sukoharjo mendapat penyertaan modal dari Pemda sebesar Rp1,5 miliar. Dia menggunakan suntikan dana itu untuk meningkatkan plafon UMKM dengan bunga 0,75%.

Lebih lanjut, menurutnya PT BPR Bank Sukoharjo kebetulan bank milik pemerintah daerah sehingga kepercayaan masyarakat cukup tinggi.

Baca juga: KINERJA BUMD : Bank Boyolali Incar Garap KUR

“Masyarakat beranggapan tidak mungkin bank pemerintah bangkrut. Kami harap nasabah yang menabung di Sukoharjo lebih berkembang baik saldo maupun nasabahnya,” terang Maryanto.

Dalam kegiatan undian itu Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa mewakili Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan salah satu sektor yang mampu berkembang pesat dan dapat menunjang perekonomian nasional sekaligus berperan besar di dalam pembangunan nasional adalah sektor perbankan.

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional. Sebagai lembaga jasa keuangan, salah satu peran nyata bank yaitu dalam menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha melalui UMKM.

Dengan disalurkannya dana untuk sektor riil di masyarakat tersebut, maka secara tidak langsung bank berperan menggerakkan roda perekonomian bagi masyarakat.

Baca juga: Harga Kedelai Naik Terus, Perajin Perkecil Ukuran Produk Tahu

“Keberadaan BUMD diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar dalam menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah,” terang Agus dalam sambutannya.

Dia berharap PT BPR Bank Sukoharjo (Perseroda) agar lebih kreatif dan inovatif dalam membuat program untuk membantu pemulihan perekonomian masyarakat, khususnya dalam menggerakkan kembali sektor UMKM di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kegiatan itu PT BPR Bank Sukoharjo mengundi sejumlah Rp169.570.000 yang terdiri atas 30 macam hadiah dengan rincian hadiah utama berupa sepeda motor Honda PCX.

Hadiah lain berupa 5 unit sepeda motor Honda Beat, 5 unit lemari es dua pintu, 6 buah TV LED 42 inchi, 4 buah mesin cuci, 5 buah sepeda dan juga 4 buah TV LED 32 inci.

Baca juga: Kripiso, Mimpi UMKM Solo Menembus Pasar Ekspor

Selain itu Bank Sukoharjo juga memberikan bantuan uang tunai kepada enam sanggar inklusi masing-masing sejumlah Rp3 juta rupiah. tak hanya itu PT BPR Bank Sukoharjo juga menyalurkan sejumlah masing-masing Rp500.000 kepada 10 siswa SD hingga SMA.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE soloraya Warga Sragen Jadi Penumpang Helikopter P-1103 yang Hilang di Perairan Belitung 5 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Acara Perdana Sukses, Balon Udara Kemuning Karanganyar Bakal Ada Lagi 21 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Jalan Menuju Goa Resi Wonogiri Retak Sepanjang 20 Meter, Mobil Dilarang Lewat 26 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Kaesang-Erina Ziarah ke Makam Raja Mangkunegara, Juru Kunci: Minta Izin Resepsi 32 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Dukung Program Kantin Cumi, Pengantin di Karanganom Klaten Tebar Ikan di Sungai 55 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Tips Petani Muda Sukses: Niat Dahulu, Nekat Kemudian 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Sesuaikan Survei KHL, Serikat Pekerja di Boyolali Tetap Usulkan UMK Rp3 Jutaan 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Kronologi Mobil Nyungsep di Saluran Irigasi Sukoharjo Gegara Google Maps 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Rahasia Pindang Kambing Mbah Sinem Wonogiri Sering Ludes dalam Waktu 2 Jam 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Fenomena Efek Wali Kota Gibran, Warga Luar Solo Ramai-Ramai Sambat 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Ibu Negara Iriana Test Food Kuliner Pernikahan Kaesang-Erina 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Tambang Ilegal di Klaten Merusak Ekosistem Gunung Merapi 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Ada Peran Sunan Pandanaran di Balik Tradisi Pembuatan Gerabah Melikan Klaten 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Romantis, Erina Terus Gandeng Tangan Kaesang Saat Ziarah di Astana Mangadeg 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Penyerapan APBD Boyolali Baru 80-an Persen, Sekitar 35 OPD Belum Maksimal 2 jam yang lalu