Aset Pariwisata WGM Wonogiri Senilai Rp25 Miliar Bakal Dihapus

Aset pariwisata di objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri dengan nilai total Rp25 miliar bakal dihapus.

 Sejumlah perahu cepat bersandar di dekat dermaga Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Sejumlah perahu cepat bersandar di dekat dermaga Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Aset fisik pariwisata kompleks Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri senilai Rp25 miliar diusulkan dihapus. Hal itu lantaran aset itu terkena proyek pengembangan tempat wisata WGM senilai lebih kurang Rp25 miliar.

Selain aset fisik pariwisata, di lokasi wisata itu terdapat sejumlah aset fisik perhubungan. Namun, Dinas Perhubungan (Dishub) hingga akhir Juli ini belum memetakan dan menaksir nilainya.

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata atau DKOP Wonogiri, Teguh Widodo, kepada Solopos.com, Kamis (29/7/2021), menyampaikan sudah selesai memetakan dan menghitung nilai aset yang bakal dihapus.

Total aset pariwisata WGM Wonogiri yang akan dihapus senilai lebih kurang Rp25 miliar. Nilai itu setelah dikurangi penyusutan aset.

Baca Juga: 11 Tahun Menanti, Wonogiri Akhirnya Raih Predikat KLA Kategori Pratama

Kendati sudah merampungkan penaksiran nilai aset, DKOP belum mengusulkan penghapusan aset ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) sebagai pihak yang berwenang menghapus aset.

Hal itu karena DKOP masih menunggu usulan penghapusan aset dari Dishub. Jika DKOP sudah menerima, dokumen usulan penghapusan aset dari Dishub akan dijadikan satu dengan dokumen DKOP.

Puluhan Bangunan Dibongkar

Selanjutnya DKOP akan mengajukan usulan penghapusan aset kepada BPKD. “Kalau aset pariwisata saja kisaran Rp25 juta. Itu belum termasuk aset perhubungan,” kata Teguh saat dihubungi Solopos.com.

Sementara itu, Kepala UPTD Pengelola Tempat Wisata Wonogiri, Pardianto, menginformasikan aset pariwisata WGM terdiri atas puluhan jenis bangunan. Seperti perkantoran, wahana, panggung hiburan, dan sebagainya.

Baca Juga: Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Jika dihitung berdasar itemnya jauh lebih banyak mengingat satu jenis bisa terdiri atas sejumlah item. Contohnya wahana permainan terdiri atas bianglala, komidi putar, tempat terapi ikan, kereta kelinci, dan sebagainya.

“Semua aset itu harus dihapus karena bangunan-bangunan akan dibongkar dan berbagai peralatan tidak dipakai lagi,” ulas Pardianto.

Aset fisik yang belum lama dibangun pun tak luput dari pembongkaran, yakni dua unit selter pedagang. Selter tersebut dibangun pada 2017 seluas 1.180 m2 dan pada 2018 seluas 3.800 m2 dengan total anggaran Rp5,2 miliar.

Seperti diketahui, Wisata WGM akan dirombak total jadi tempat wisata baru yang diklaim akan jauh lebih spektakuler. Proyek dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR.

Baca Juga: Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Aset Dinas Perhubungan

Proyek fisik direncanakan dikerjakan selama tiga tahun anggaran, yakni dimulai akhir 2021 ini hingga 2023 mendatang. Pardianto melanjutkan aset pariwisata WGM Wonogiri seluas 7,5 hektare jauh lebih banyak daripada aset perhubungan.

Aset perhubungan di WGM hanya beberapa unit, yakni menyangkut kelangsungan kegiatan di perairan. Aset perhubungan seperti dua unit dermaga, satu unit selter tempat antrean penumpang, dan kantor di dekat gerbang timur. “Walau sedikit tapi nilai aset Dishub cukup besar. Contohnya, bangunan dermaga,” imbuh Pardianto.

Terpisah, Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto, saat dimintai konfirmasi tak memungkiri belum memetakan dan menaksir nilai aset pariwisata di WGM.

Hal itu karena hingga kini Dishub belum mengetahui aset perhubungan apa saja yang bakal terkena proyek pengembangan Wisata WGM. Oleh karena itu, Ismiyanto berencana berkoordinasi dengan konsultan proyek untuk mengetahui aset perhubungan mana saja yang terdampak.

Baca Juga: Akan Dikembangkan Mirip Dam Guatape, Wisata WGM Wonogiri Mungkin Tutup Sampai Proyek Rampung

“Kami perlu mengetahui dulu apa saja yang akan dibongkar. Misalnya dermaga di tepi waduk. Apakah semua bangunan dibongkar atau hanya sebagian yang dibongkar atau justru bangunan tidak dibongkar,” ulas Ismiyanto.

Dibahas Dengan Kementerian PUPR

Penghapusan aset pariwisata WGM menjadi salah satu hal krusial yang bakal dibahas dalam koordinasi virtual antara Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Wonogiri, konsultan, dan Kementerian PUPR, dalam waktu dekat.

Hal lain yang akan dibahas mengenai penyelesaian rencana induk atau master plan dan desain rekayasa secara detail atau detail engineering design (DED) oleh konsultan. Ihwal rencana pekerjaan fisik juga menjadi hal yang dibahas.

Baca Juga: Wow! Baru 2 Tahun, Usaha Kacang Mete Kun Wonogiri Siap Tembus Pasar Australia Dan Turki

Sebagai informasi, Wisata WGM seluas 7,5 hektare atau ha akan dibangun ulang dijadikan wisata baru yang diklaim akan mirip Wisata Guatape Dam, Kolombia.

Pengembangan juga mengarah ke barat di lahan seluas 115 ha. Lokasi itu akan dibangun berbagai wahana dengan pemandangan WGM.

Kawasan wisata di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, yang tak jauh dari Wisata WGM turut dikembangkan. Pada tahap awal proyek difokuskan di WGM terlebih dahulu dengan proyeksi anggaran lebih dari Rp100 miliar.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Meninggal di Gunung Lawu, Pendaki asal Madiun Diduga Kena Serangan Jantung

Pendaki asal Madiun diduga mengalami serangan jantung mendadak sebelum meninggal saat mendaki Gunung Lawu pada Senin (20/9/2021) pagi.

Wow! Setiap Puskesmas di Klaten Mampu Lakukan 1.000 Vaksinasi dalam Sehari

Setiap Puskesmas di Klaten dinilai mampu melakukan hingga 1.000 vaksinasi dalam sehari di tengah pandemi Covid-19.

Masyarakat Peduli Api Dibentuk di Gunung Bromo Karanganyar, Ini Perannya

Pembentukan MPA Singo Serang khusus di lingkungan KHDTK Gunung Bromo diperlukan dalam upaya menciptakan hutan lestari.

Jhon Underground: Pemuda Wonogiri yang Punya Misi Mengenalkan Kampung Halaman lewat Media

Jhon Underground, pemuda asli Wonogiri tergerak untuk memperkenalkan kampung halamannya ke masyarakat luas.

Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Sudah Tempati Kontrakan Baru

Sekeluarga yang tidur di kolong meja wedangan di Kartasura, Sukoharjo, sudah menempati kontrakan baru. Kontrakan itu tak jauh dari wedangan yang menjadi usaha keluarga tersebut.

Hindari Yoni di Tengah Sawah, Jalan Tol Solo-Jogja Wilayah Klaten ini Dibuat Melayang

Proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja wilayah Keprabon, Polanharjo, Klaten, dibuat melayang demi menghindari yoni di tengah sawah.

Saking Parahnya Pencemaran, Warga Sragen Sampai Takut Makan Ikan dari Bengawan Solo

Warga Sragen merasakan betul dampak dari pencemaran Sungai Bengawan Solo di wilayah mereka sampai takut makan ikannya.

Ingat! Tempat Wisata di Boyolali Masih Belum Boleh Buka Lur

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali belum membuka tempat wisata selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini.

Nasi Boks I Am In Love, Solusi Praktis Makan Ayam Panggang

I Am In Love Panggang menyajikan menu lunch box bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya

Dulur Sukoharjo, Ojo Lali Prokes 5M Ya...

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengingatkan warga untuk menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Tes SKD CPNS Sukoharjo, Puluhan Peserta Gugur pada Hari Pertama

Jumlah peserta tes SKD CPNS Sukoharjo yang tidak lolos karena tidak hadir saat tes masih ada kemungkinan bertambah.

Pemilik Angkringan di Klaten Tetap Ngeyel Usai Ditegur Satpol PP, Sejumlah Gelas Dikukut

Satpol PP Klaten terpaksa menegur keras tiga pemilik angkringan di Klaten Selatan sepanjang PPKM Level 3.

PTM SMP dan SMA Sederajat di Wonogiri Mungkin Digelar Bareng

PTM belum akan digelar dalam waktu dekat karena SMP-SMA sederajat mulai pekan ini menggelar kegiatan tatap muka terbatas ANBK.

Puluhan Kebakaran Terjadi di Wonogiri Tahun Ini, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

Puluhan kebakaran terjadi di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu Januari hingga September 2021. Human eror mendominasi penyebab kebakaran di kabupaten itu.

Borong 7,5 Kuintal Cabai Petani, Bupati Karanganyar: Spekulan Jangan Mainkan Harga!

Bupati menyatakan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk campur tangan mengatasi permainan spekulan.