SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Gumpalan asap vulkanik Merapi sempat keluar dengan volume besar pagi ini. Seperti yang terjadi pada hari kemarin, asap tersebut cenderung bergerak ke arah barat.

“Pukul 05.20 WIB sempat ada asap vulkanik tebal ke arah barat daya. Jarak luncuran 3 km,” papar salah seorang petugas piket BPPTK yang menolak disebutkan namanya, ketika dihubungi, Kamis (11/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan dari Kota Yogyakarta sampai pukul 07.00 WIB, tampak asap putih yang menggumpal dengan bentuk melengkung ke arah barat. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1 km.

Ekspedisi Mudik 2024

Cuaca di sekitar puncak Merapi sendiri terpantau cukup cerah. Badan gunung dari puncak ke lereng dapat dilihat dari kota Yogyakarta.

Pemandangan ini membuat perhatian masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya tersita, karena begitu mereka menoleh ke arah utara (di ruang terbuka) maka Merapi akan tampak jelas meski dari kejauhan.

Seperti yang tampak di sekitaran Jl Solo di mana banyak masyarakat yang tengah berangkat bekerja sesekali menoleh ke arah utara untuk melihat Merapi. “Ke barat lagi anginnya,” tandas Yulianto salah seorang warga yang turut melihat.

Cuaca yang cerah juga memudahkan petugas di pos pengamatan dalam memantau puncak Merapi. Hampir di semua pos yang ada dapat melihat dengan jelas.

“Untuk view dari kaki ke puncak 100 persen terpantau,” tandas salah seorang petugas pemantauan di pos Manisrenggo, Klaten, via handytalky di frekuensi 149.070.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya