SOLOPOS.COM - Sendang Siwani di Selogiri, Wonogiri. (Solopos/Rudi Harrtono)

Solopos.com, WONOGIRI  -- Sendang Siwani di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri dikenal keramat dan memiliki kisah unik nan misterius di dalamnya.

Air di sendang tersebut diyakini sebagian masyarakat memiliki tuah yang bisa mewujudkan permohonan. Kepercayaan itu tidak terlepas dari cerita masa lalu yang melingkupinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dahulu kala Sendang Siwani itu diyakini sebagai sumber kekuatan bagi Raden Mas Said beserta para prajuritnya saat bergerilya melawan penjajah Belanda.

Solopos.com pernah melakukan perjalanan menguak misteri sendang tersebut pada 13  April 2016 lalu. Kala itu, wartawan Solopos.com Rudi Hartono bertemu dengan Juru Kunci Sendang Siwani, Supardi, 93.

Resmi! Harjo Bakal Maju Lawan Jekek di Pilkada Wonogiri 2020 

Sendang Siwani dulu hanya sumber mata air seperti pada umumnya. Hingga suatu ketika Raden Mas Said yang mendapat julukan Pangeran Samber Nyawa bersama 40 prajuritnya beristirahat di sekitar sendang tersebut.

Sebelumnya Raden Mas Said yang merupakan Mangkunegara I itu berperang gerilya melawan penjajah Belanda. Lantaran kondisi tertentu Raden Mas Said terdesak hingga akhir memutuskan mundur untuk menyusun kekuatan. Supardi tak menjelaskan secara pasti peristiwa itu terjadi tahun berapa.

Raden Mas Said bersama prajuritnya pun beristirahat di sekitar sendang. Menurut Supardi kala itu di sela-sela waktu istirahat Raden Mas Said bersemedi. Hingga pada akhirnya dia melihat ada dua ekor kerbau yang sedang berkelahi. Salah satu kerbau tersebut kalah lalu menyingkir dari arena perkelahian.

Kisah Bu Pawit Biasa Jualan Kopi Kini Jadi Pengamen di Klaten Gegara Pandemi 

Keramat

Kerbau yang kalah itu beristirahat di dekat Sendang Siwani  Wonogiri. Kerbau itu lalu meminum air dari sendang. Tanpa diduga setelah meminum air sendang kerbau itu kembali menghampiri kerbau yang menjadi lawannya. Pada perkelahian kedua kerbau yang semula kalah akhirnya menang.

“Melihat kejadian itu Raden Mas Said berpikir bahwa peristiwa yang disaksikannya merupakan petunjuk. Dia pun lalu mengikuti apa yang dilakukan kerbau, yakni meminum air sendang. Setelah minum air sendang Raden Mas Said seperti memiliki kekuatan yang dahsyat. Dia lantas meminta prajuritnya juga meminumnya. Para prajuritnya juga merasakan hal yang sama,” urai Supardi menggunakan bahasa Jawa.

Diawali Cekcok, Pria di Pekalongan Nekat Bakar Diri Bareng Istri & Anak Balitanya 

Setelah mendapat kekuatan yang luar biasa dari Sendang Siwani di Wonogiri, Raden Mas Said bersama prajuritnya kembali bertempur melawan penjajah Belanda. Dalam pertempuran itu Raden Mas Said bersama para prajurit dapat mengalahkan Belanda. Hingga akhirnya sumber mata air itu diberi nama Sendang Siwani.

Seiring berjalannya waktu Sendang Siwani menjadi tempat keramat dii Wonogiri yang sering didatangi orang setiap malam Selasa dan Jumat Kliwon. Pengunjung melakukan ritual minum air sendang atau mandi menggunakan air sendang tersebut. Mereka meyakini dengan melakukan hal itu permohonan mereka bisa terkabul.

“Ya permohonan apa saja, minta dilancarkan rezeki, jualan laris, minta disembuhkan dari penyakit, dan sebagainya,” kata Supardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya