Asale Rujak Teplak Khas Kota Tegal Terkenal ke Luar Negeri

Rujak Teplak adalah olahan beragam macam sayuran yang terdiri dari kangkung atau bayam, kol,daun singkong, timun, jantung pisang, pare, dan petai china yang dicampur sambal rujaknya yang khas.

 Rujak Teplak khas Kota Bahari (Instagram/@fara_widjaja)

SOLOPOS.COM - Rujak Teplak khas Kota Bahari (Instagram/@fara_widjaja)

Solopos.com, TEGAL –  Rujak adalah olahan bermacam-macam buah yang dicampur dengan sambal kacang dan gula merah sehingga rasa yang dihasilkan adalah segar, asam, gurih dan pedas. Namun berbeda dengan rujak khas Kota Bahari, Tegal, Jawa Tengah yang dikenal dengan nama Rujak Teplak.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Sabtu (16/04/2022), Rujak Teplak adalah olahan beragam macam sayuran yang terdiri dari kangkung atau bayam, kol,daun singkong, timun, jantung pisang, pare, dan petai china yang dicampur sambal rujaknya yang khas.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Berbeda dengan sambal rujak pada umumnya yang menggunakan kacang dan gula merah, sambal rujak teplak menggunakan campuran singkong kukus, cabe merah kukus, cabe rawit kukus, terasi, asam Jawa, gula Jawa dan garam yang dihaluskan bersama-sama

Baca juga: Peradaban Maju Situs Liyangan, Migrasi Sebelum Gunung Sindoro Erupsi

Biasanya jajanan khas Tegal ini disantap menggunakan daun pisang sebagai alas atau piring. Guna menambah kenikmatan, rujak teplak biasanya disantap dengan aneka gorengan dan juga krupuk mie. Dengan isian sayur yang lengkap, rujak teplak dijadikan sebagai jajanan yang menyehatkan.

Sejarah Rujak Teplak

Penamaan Teplak awalnya berasal dari nama sang penemu sambal teplak atau sambal gaul yang bernama Mak Teplak. Dia sering membuatkan pesanan rujak teplak bagi warga ang merantau ke luar kota sebagai bekal di jalan.

Bahkan Mak teplak sempat diundang ke luar negeri untuk memamerkan rujak teplak khas Tegal ke kancah internasional. Warungnya pun masih dapat dijumpai di sudut kecil Jalan Tjokroaminoto, pusat Kota Tegal.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Kabupaten Grobogan Sabtu, 16 April 2022

Namun, sekarang penjual rujak teplak dapat  ditemukan di pasar tradisional, alun-alun atau tempat wisata. Para penjualnya biasa berkeliling menggunakan bakul yang digunakan pedagang jamu. Sedangkan bagi penjual yang menetap di suatu tempat, cukup menggunakan meja ala kadarnya yang ditutupi dengan selembar perlak untuk memajang bahan-bahan rujak teplak.

Satu porsi rujak teplak ini dihargai Rp5.000 hingga Rp10.000. Bahkan jika Anda berkunjung ke Tegal dan menyusuri perkampungan, Anda akan menemukan rujak teplak dengan harga yang lebih murah lagi. Makanan ini cocok disantap oleh berbagai kalangan karena meggunakan bahan-bahan yang ramah diserap tubuh.

Bagi Anda yang memiliki alergi kacang, jangan takut menyantap rujak templak karena tidak ada bahan kacang yang digunakan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      1.456 Bayi di Semarang Alami Stunting, Terbanyak di Kecamatan Semarang Utara

      Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang menyebut kasus bayi stunting terbanyak di wilayahnya berasal dari Kecamatan Semarang Utara.

      Nasdem Resmi Usung Anies Capres, Begini Reaksi Ganjar Pranowo

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, buka suara terkait kabar Nasdem yang mengumumkan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024.

      Garam Langka Jono dari Sumur Air Laut Selat Muria

      Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan menghasilkan garam langka bersumber dari air sumur yang konon asin karena berasal dari air laut Selat Muria yang terperangkap.

      Pria Tanpa Identitas Meninggal di Taman Lingkar Rengas Ambarawa

      Jenazah lelaki tanpa identitas ditemukan di Taman Lingkar Rengas, RT 002/RW 006, Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (2/9/2022).

      Kisah Ki Ageng Pandan Arang dan Asal Usul Tembalang Semarang

      Asal usul nama Tembalang, sebuah kecamatan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), erat kaitannya dengan kisah Ki Ageng Pandan Arang atau Pandanaran I.

      Wakapolda Jateng: Tidak Ada Lagi Razia Polisi di Tepi Jalan

      Wakapolda Jateng mempersilakan masyarakat melapor jika masih menemukan polisi yang melakukan razia lalu lintas di pinggir jalan.

      Perluas Dakwah, Muhammadiyah Sidorejo Salatiga Lantik 5 Pimpinan Ranting

      Untuk kali pertama terbentuk Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) di Kota Salatiga. PRM ini berada di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sidorejo.

      Selamat! Ini Para Pemenang Lomba Pos Ronda di Kabupaten Banyumas

      Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka...!!! ini mencakup empat wilayah kecamatan di Banyumas.

      Misteri Makam di SMP 38, Petilasan Ki Ageng Pandan Arang Saat Dirikan Semarang

      Petilasan makam yang ada di kompleks SMP Negeri 38 Semarang diyakini merupakan peninggalan Ki Ageng Pandan Arang dan jadi awal mula lahirnya Kota Semarang.

      Seru, Kesenian Gambang Semarang Tempo Doeloe Hipnotis Pengunjung Kota Lama

      Pertunjukan Gambang Semarang tempo dulu, yang dikemas secara utuh ditampilkan di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di depan Gedung Oudetrap.

      Buron Usai Rekannya Meninggal, Pelaku Pengeroyokan Ojol di Semarang Ditangkap

      Satu pelaku pengeroyokan driver ojol di SPBU Majapahit, Kota Semarang, akhirnya diringkus setelah buron beberapa hari.

      Sepanjang 2022, 26 Juta Wisatawan Domestik Berlibur ke Jateng

      Kunjungan wisatawan domestik ke Jawa Tengah atau Jateng diklaim telah melampaui target yang telah dicanangkan pada tahun 2022 ini.

      Rumah BUMN Rembang, Sukses Bikin UMKM Kokoh dan Kian Berkembang

      Profil Rumah BUMN Rembang yang sukses membuat UMKM di Kabupaten Rembang jadi kokoh dan kian berkembang.

      Berani, Bocah 13 Tahun di Grobogan Gagalkan Aksi Jambret

      Seorang bocah berusia 13 tahun di Kabupaten Grobogan dengan berani menggagalkan aksi perampasan atau penjambretan HP miliknya.

      Operasi Zebra Candi Mulai Senin, Ini Lokasi Kamera ETLE di Salatiga

      Satlantas Polres Salatiga akan menambah pemasangan kamera ETLE di sejumlah lokasi saat pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 mulai Senin (3/10/2022).