Tutup Iklan

Asale Pusat Olahraga Terpadu di Sukoharjo Jadi Gedung Budi Sasono

Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang.

 Kondisi puing-puing bangunan lama Gedung Budi Sasono di Jalan Veteran yang dirobohkan, Sabtu (16/10/2021). (Bony Eko Wicaksono/Solopos)

SOLOPOS.COM - Kondisi puing-puing bangunan lama Gedung Budi Sasono di Jalan Veteran yang dirobohkan, Sabtu (16/10/2021). (Bony Eko Wicaksono/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Warga Sukoharjo tak asing dengan Gedung Serbaguna Budi Sasono yang terletak di Jalan Veteran. Posisi gedung cukup strategis lantaran tepat di sekitar Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo.

Gedung Budi Sasono berhadapan dengan Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Graha Wijaya yang dahulu dikenal sebagai Gedung Lawa. Gedung tersebut kerap dimanfaatkan masyarakat untuk beragam kegiatan pertemuan maupun seni dan budaya. Saat Sabtu dan Minggu, gedung tersebut kerap disewa masyarakat yang menggelar resepsi pernikahan.

Pada zaman dahulu, lokasi Gedung Budi Sasono merupakan hamparan tanah lapang. Saat era pemerintahan Bupati Sukoharjo periode 1975-1984, Gatot Amrih, tanah lapang itu dibangun pusat olahraga terpadu di Kabupaten Jamu. Kala itu, Sukoharjo memiliki fasilitas mumpuni yang menunjang para atlet untuk mengembangkan bakat dan talentanya.

Baca Juga: Penemuan Arca di Candi Sirih Sukoharjo, Tim Gali Tanah hingga 1 Meter

“Ada lintasan atletik yang digunakan para atlet lari jarak pendek untuk berlatih setiap hari. Lintasan atletik itu dikelilingi tribun penonton. Saat itu, Sukoharjo memiliki atlet-atlet unggulan yang sering dikirim ke ajang olahraga level nasional,” kata seorang pemerhati sejarah Sukoharjo, Bimo Wijanarko, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (16/10/2021).

Tak ayal, banyak atlet asal Sukoharjo menorehkan prestasi gemilang saat mengikuti event olahraga. Mereka pulang dengan membawa medali dan uang pembinaan. Kala itu menjadi era kejayaan olahraga Sukoharjo lantaran saking banyaknya atlet berprestasi di sejumlah cabang olahraga terutama atletik.

Gairah tinggi olahraga menular kepada masyarakat. Mereka juga sering berolahraga pada pagi hari dan sore hari di sekitar lintasan atletik. “Jadi semacam public space olahraga di sekitar lintasan atletik. Masyarakat sering joging atau senam di lokasi tersebut,” ujar dia.

Baca Juga: Minim, Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman UMKM Sukoharjo Baru Terserap 15%

Pria yang akrab disapa Kokor itu bercerita olahraga menjadi aktivitas sehari-hari masyarakat setiap hari. Mereka ingin menunjang kesehatan tubuh secara jasmani. Kemudian, aktivitas olahraga dipindah ke Gelora Merdeka di Kelurahan Jombor pada era 90-an. Tak ada lagi, aktivitas olahraga para atlet di lokasi tersebut.

Pemerintah lantas membangun gedung serbaguna yang berfungsi menampung beragam kegiatan di Sukoharjo. “Saya masih ingat betul. Masyarakat benar-benar mencintai dan menggelorakan olahraga. Sekarang kondisinya berbeda karena aktivitas olahraga dipindah ke Gelora Merdeka,” tutur Kokor.

Kini, bangunan lama Gedung Budi Sasono telah dirobohkan pada 2019. Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang. Gedung pertemuan itu dilengkapi area parkir kendaraan bermotor dan ruang terbuka hijau.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Sejumlah komunitas pencinta kucing akan memberikan penghargaan kepada Polres Sukoharjo yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan 53 ekor anjing di Kartasura.

Disperum Solo Tertibkan Kamar Lantai 2 yang Dibangun dengan Dana RTLH

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo sudah mendatangi dan menertibkan kamar lantai II di Mojosongo yang dibangun menggunakan dana RTLH.

Vaksinasi Covid-19 Berlanjut, DKK Solo Giliran Sasar Tempat Wisata

Dinas Kesehatan Kota Solo tersebut menggencarkan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga yang beraktivitas di tempat-tempat wisata seperti TSTJ dan Balekambang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Sasar Pengunjung Tempat Wisata

Vaksinasi Covid-19 di Solo mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar salah satunya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan.

9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

Sembilan orang remaja, dua di antaranya perempuan, digerebek Satpol PP Sukoharjo saat pesta miras di perempatan tengah sawah Desa Sidorejo, Bendosari.

Simpang 4 Jombor Klaten Rawan Kecelakaan, Warga Usul Ada Traffic Light

Warga mengusulkan adanya traffic light karena di persimpangan Jombor, Ceper, Klaten, di jalan Solo-Jogja kerap terjadi kecelakaan.

Tertabrak Pemotor, Pensiunan PNS Meninggal di Jombor Klaten

Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah kecelakaan di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Minggu (28/11/2021).

Gory Si Anjing Teman Sukarelawan Gunung Lawu, Unyu Deh

Kisah unik kali ini tentang Gory, si anjing yang menjadi teman sukarelawan pendakian Gunung Lawu.

Asyik... Ada Pasar Kuliner di Candi Cetho Karanganyar

Aneka kuliner tradisional dijajakan di pasar budaya Gumeng yang digelar di Puri Taman Saraswati kompleks Candi Cetho.

Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

Para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Lawu diwajibkan memakai sepatu untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Asale situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, ternyata dulunya merupakan lautan.

Legenda Balung Buto di Sangiran Sragen: Peperangan Manusia vs Raksasa

Objek wisata Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, menyimpan berbagai sejarah, salah satunya legenda balung buto.

Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

Area parkiran mewah di objek wisata WGM Wonogiri mampu menampung 200 unit mobil dan 500 unit kendaraan.

Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri yang super mewah memiliki view teras pantai yang indah.

Mewah! Parkiran WGM Wonogiri Seharga Rp10,9 Miliar, Ini Wujudnya

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri dibangun super mewah dengan anggaran Rp10,9 miliar.