SOLOPOS.COM - Wisata Pantai di Mandalika, surga tersembunyi di Pulau Lombok. (Bisnis.com)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sedang menarik perhatian. Sirkuit ini disebut-sebut bakal menjadi venue bapalan MotoGP pada 2022.

Pada November 2021, sirkuit ini kabarnya akan menjadi tempat World Supberbike (WBSK). Sebenarnya, apa keistimewaan sirkuit yang satu ini?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika berlokasi di pinggir pantai yang sangat indah. Saking indahnya pemandangan di sana, pembalap senior Valentino Rossi pun ikut mengomentari Sirkuit Mandalika.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021), Mandalika dikenal sebagai destinasi wisata pantai dan laut yang indah karena menghadap ke Samudra Hindia. Selain pantai dan laut, Mandalika memiliki potensi pariwisata lain yang dapat dikembangkan.

Kawasan wisata seluas 1.035 hektare yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah ini menjadi salah satu destinasi yang potensial untuk dikembangkan.

Baca juga: Kesaksian Warga Solo Tinggal di Depan Markas PKI di Pasar Kembang

Sejarah

Ada banyak keunikan yang tersimpan di Mandalika, sehingga disebut sebagai surga tersembunyi di Pulau Lombok. Sampai saat ini mungkin belum banyak orang yang tahu tentang asal-usul Mandalika yang diambil dari nama seorang putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting, penguasa Tanah Sasak.

Tak hanya cantik, Putri Mandalika juga sangat baik sehingga sangat dicintai masyarakat setempat. Namun, akhir hayatnya cukup tragis karena dia menjatuhkan diri ke laut karena tidak ingin ada perseteruan akibat persaingan memperebutkan dirinya.

Warga pun mencari jasad sang putri, tapi hasilnya nihil. Mereka malah menemukan nyale atau cacing berwarna-warni. Menurut legenda setempat, hewan itu merupakan jelmaan Putri Mandalika. Kisah Putri Mandalika kini diabadikan dalam upacara Bau Nyale. Acara yang diadakan setiap tahun ini merupakan ritual masyarakat setempat mencari cacing laut.

Baca juga: Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Potensi Wisata

Jika ditilik dari pesona alam yang dimiliki, Mandalika berpotensi menjadi destinasi wisata populer seperti Bali. Oleh sebab itu sejak 2014 pemerintah menetapkan wilayah ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Sepanjang perjalanan proyek KEK Mandalika, wilayah ini sering menjadi venue perhelatan olahraga, tingkat nasional maupun internasional. Mulai dari TNI Mandalika International Marathon 2018, Trip of Indonesia (TROI) 2019, Moto Cross 2019, Mandalika Off Road Championship 2019, dan Mandalika Association Hotel (MAH) Open 2020 Surfing Competition.

Dalam waktu dekat, Mandalika akan menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike pada 14 November 2021. Kemudian, ajang MotoGP 2022 yang juga direncanakan mampir ke Sirkuit Internasional Mandalika. Melihat potensi yang luar biasa ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memastikan Kawasan Mandalika layak menjadi lokasi gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya