Asale Mandalika, Surga Tersembunyi di Lombok

Inilah sejarah dan potensi wisata di Mandalika yang disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok, NTB.

 Wisata Pantai di Mandalika, surga tersembunyi di Pulau Lombok. (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - Wisata Pantai di Mandalika, surga tersembunyi di Pulau Lombok. (Bisnis.com)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sedang menarik perhatian. Sirkuit ini disebut-sebut bakal menjadi venue bapalan MotoGP pada 2022.

Pada November 2021, sirkuit ini kabarnya akan menjadi tempat World Supberbike (WBSK). Sebenarnya, apa keistimewaan sirkuit yang satu ini?

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika berlokasi di pinggir pantai yang sangat indah. Saking indahnya pemandangan di sana, pembalap senior Valentino Rossi pun ikut mengomentari Sirkuit Mandalika.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021), Mandalika dikenal sebagai destinasi wisata pantai dan laut yang indah karena menghadap ke Samudra Hindia. Selain pantai dan laut, Mandalika memiliki potensi pariwisata lain yang dapat dikembangkan.

Kawasan wisata seluas 1.035 hektare yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah ini menjadi salah satu destinasi yang potensial untuk dikembangkan.

Baca juga: Kesaksian Warga Solo Tinggal di Depan Markas PKI di Pasar Kembang

Sejarah

Ada banyak keunikan yang tersimpan di Mandalika, sehingga disebut sebagai surga tersembunyi di Pulau Lombok. Sampai saat ini mungkin belum banyak orang yang tahu tentang asal-usul Mandalika yang diambil dari nama seorang putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting, penguasa Tanah Sasak.

Tak hanya cantik, Putri Mandalika juga sangat baik sehingga sangat dicintai masyarakat setempat. Namun, akhir hayatnya cukup tragis karena dia menjatuhkan diri ke laut karena tidak ingin ada perseteruan akibat persaingan memperebutkan dirinya.

Warga pun mencari jasad sang putri, tapi hasilnya nihil. Mereka malah menemukan nyale atau cacing berwarna-warni. Menurut legenda setempat, hewan itu merupakan jelmaan Putri Mandalika. Kisah Putri Mandalika kini diabadikan dalam upacara Bau Nyale. Acara yang diadakan setiap tahun ini merupakan ritual masyarakat setempat mencari cacing laut.

Baca juga: Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Potensi Wisata

Jika ditilik dari pesona alam yang dimiliki, Mandalika berpotensi menjadi destinasi wisata populer seperti Bali. Oleh sebab itu sejak 2014 pemerintah menetapkan wilayah ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Sepanjang perjalanan proyek KEK Mandalika, wilayah ini sering menjadi venue perhelatan olahraga, tingkat nasional maupun internasional. Mulai dari TNI Mandalika International Marathon 2018, Trip of Indonesia (TROI) 2019, Moto Cross 2019, Mandalika Off Road Championship 2019, dan Mandalika Association Hotel (MAH) Open 2020 Surfing Competition.

Dalam waktu dekat, Mandalika akan menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike pada 14 November 2021. Kemudian, ajang MotoGP 2022 yang juga direncanakan mampir ke Sirkuit Internasional Mandalika. Melihat potensi yang luar biasa ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memastikan Kawasan Mandalika layak menjadi lokasi gelaran wisata olahraga atau sport tourism.


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.

Viral Jual Frozen Food Tanpa Izin Edar BPOM Kena Denda, Benarkah?

Lalu benarkah penjual terancam denda Rp4 miliar jika menjual frozen food tanpa izin edar BPOM?

Berkaca dari Kasus Rachel Vennya, Perlukah Satgas di Tiap Entry Point?

Gagasan perlunya Satgas di tiap entry point itu menjadi buntut dari kasus selebgram Rachel Vennya yang mangkir dari kewajibannya menjalankan karantina.

Bisa Cegah Terpapar Virus, Begini Cara Terapi Cuci Hidung yang Benar

Terkait masalah indera penciuman yang hilang atau anosmia, dengan melakukan terapi cuci hidung, secara perlahan bisa kembali normal seperti sedia kala.