Asale Gunung Srandil Cilacap, Ada Petilasan Ki Semar Leluhur Tanah Jawa

Inilah asal mula nama Gunung Srandil Cilacap yang terdapat petilasan leluhur tanah Jawa, Ki Semar.

Latif Ghufron Aula - Solopos.com
Selasa, 18 Januari 2022 - 18:21 WIB

SOLOPOS.COM - Salah satu petilasan di Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah. (Disporpar.cilacapkab.go.id)

Solopos.com, CILACAP — Cilacap dikenal memiliki banyak wisata alam yang indah dan destinasi wisata religi cukup terkenal. Salah satunya Gunung Srandil. Terdapat sejumlah petilasan di Gunung Srandil yang diyakini menjadi tempat leluhur Tanah Jawa.

Gunung Srandil di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Gunung ini menjadi tempat favorit peziarah yang hendak melakukan ritual malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon setiap Bulan Sura atau Bulan Muharam.

Gunung Srandil tak hanya dikenal masyarakat di daerah Cilacap atau Pulau Jawa. Banyak peziarah datang dari Kalimantan, Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Masyarakat yang berkunjung ke Gunung Srandil memiliki tujuan berbeda-beda. Ada yang datang untuk berziarah, ritual agama, budaya, hingga napak tilas.

Baca Juga: Petilasan Ki Semar di Gunung Srandil Jadi Tempat Pesugihan?

Gunung Srandil memiliki sejumlah petilasan yang leluhur, di antaranya Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo, Eyang Langlang Buana, Eyang Guru Agung Sultan Mursid, Nini Dewi Tanjung Sekar Sari, Eyang Juragan Dampu Awang atau Sampokong atau Sunan Kuning, dan Mayang Koro atau Hanoman.

Di gunung yang dipenuhi pepohonan itu terdapat dua makam prajurit Diponegoro bernama Kuncisari dan Danasari. Kedua makam tersebut kemudian dinamakan Makam Sukmasejati.

Asal Nama Srandil

Di kompleks Gunung Srandil Cilacap juga terdapat pantai yang menjadi rujukan rekreasi maupun memancing. Tak hanya pantai, di situ juga terkenal Bukit Srandil. Bukit karang di pesisir Laut Selatan. Objek wisata religi di kompleks Gunung Srandil menyimpan cerita-cerita mistis yang mengarah ke takhayul.

Baca Juga: Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Srandil berasal dari kata saranane adil. Artinya saranananya adil. Srandil diyakini memiliki maksud tempat syarat untuk mendapatkan adilnya Tuhan. Maka kawasan wisata religi Gunung Srandil dapat disebut sebagai wahana bagi siapa pun mendapatkan kehidupan murni atau keadilan Tuhan.

Berdasarkan jurnal penelitian Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pandjadjaran Sumedang, Jawa Barat, Gunung Srandil merupakan pepunden tertua di Tanah Jawa. Wisata religi tersebut juga menjadi tempat penyebaran Islam oleh Walisongo.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif