Asal Usul Video Fadli Zon \
Video berjudul Goyang Bebek Angsa di akun Twitter @fadlizon. (Twitter)

Solopos.com, SOLO -- Akun Fadli Zon di Twitter, @fadlizon, membuat unggahan yang memicu kontroversi. Jumat (21/9/2018), di akun itu muncul sebuah video sekelompok orang yang melakukan goyang pinguin, namun dengan lirik yang diplesetkan dan menyerang kubu lawan politik Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Video itu menunjukkan sekelompok orang berbaju biru yang melakukan goyang pinguin dengan mengenakan topeng pinguin. Namun suara di video itu diganti dengan nyanyian lagu Potong Bebek Angsa yang liriknya diplesetkan.

"Potong bebek angsa masak di kuali, gagal ngurus bangsa maksa 2 kali. Fitnah hti, fitnah fpi, ternyata merekalah yang pki, fitnah hti, fitnah fpi, ternyata merekalah yang pki. Takut diganti Prabowo-Sandi, lalalala. Takut diganti Prabowo-Sandi, lalalala," begitu lirik nyanyian di video tersebut.

Di bagian akhir, video itu menunjukkan adegan matador yang mengalahkan seekor banteng. Banteng itu akhirnya jatuh dan terguling ke tanah. Terakhir, ada suara takbir yang menutup video itu. "Sekedar info, sy terima video tsb via WA, kreatif sekali. Sy namakan sj video kraetif itu "Goyang Bebek Angsa". #pilpresgembira," kicau @fadlizon berikutnya tentang video itu.

Unggahan itu memicu perdebatan reaksi netizen. "@DivHumas_Polri @Fahrihamzah @prabowo @PolhukamRI @CCICPolri apakah anggota dewan pantas uploaded gini an? Spt emak emak," kicau akun @INTANyk94. Ada pula netizen yang mengkritik orang-orang di video itu menari dengan lirik lagu yang diplesetkan itu.

Padahal sebenarnya versi asli video tersebut jauh dari lirik politis, bahkan orang-orang tersebut bukan menyanyikan lagu Potong Bebek Angsa apalagi yang diplesetkan. Penelusuran Solopos.com dengan Google Reverse Image menunjukkan sejumlah gambar dan video kompilasi goyang pinguin yang sempat ramai beberapa waktu lalu.

Melalui Youtube Data Viewer, penelusuran menemukan video paling awal tentang goyang pinguin itu yang masih ada saat ini. Video itu berjudul Goyang Pinguin yang diunggah channel Racinka Official pada 14 April 2016. Berikut video unggahan Racinka Official tersebut:

Video itu juga tidak menggunakan suara nyanyian politis dan kontroversial seperti unggahan akun @fadlizon. Video tersebut menggunakan audio dari Hatsune Miku--sebuah aplikasi bank suara-- yang berjudul Levan Polkka. Berikut video Levan Polkka yang diunggah di channel Youtube Leyox3:

Jadi, begitulah asal usul video yang suaranya diganti dengan lagu Potong Bebek Angsa yang liriknya telah diplesetkan dan diunggah di akun @fadlizon itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom