Tutup Iklan

Asal Usul Mitos Larangan Menikah Orang Mayang dengan Pajang Solo

Ada mitos larangan menikah orang Mayang, Sukoharjo dengan orang Pajang, Solo. Begini awal mulanya mitos tersebut muncul!

 Ilustrasi pernikahan dini (istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan dini (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda terdapat mitos larangan menikah bagi warga Mayang, Sukoharjo dengan Pajang, Solo, Jawa Tengah?

Kisah mitos ini bermula dari hubungan percintaan antara Raden Pabelan, putra dari Tumenggung Mayang dengan Putri Sekar Kedaton, putri dari Sultan Hadiwijaya.

Pada zaman dahulu, Raden Pabelan dikenal sebagai seorang pemuda tampan yang mempunyai kekuatan tingkat tinggi. Konon katanya, dia bisa menaklukan hati perempuan yang ia inginkan, baik perawan, janda, maupun istri orang.

Baca Juga:  Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Berdasarkan informasi yang diunggah pengelola akun Instagram @misterisolo, mitos larangan menikah orang Mayang dengan Pajang ini bermula dari tantangan Tumenggung Mayang kepada sang putra untuk menaklukkan putri Raja Pajang pada masa itu.

“Akhirnya berbekal ilmu bongkar pagar gaib dan pengasihannya, Raden Pabelan berhasil masuk keputren dan memadu kasih dengan Putri Sekar Kedaton. Sayangnya hal ini diketahui pihak keraton dan sang Raja yang naik pitam langsung memerintahkan prajuritnya untuk menangkap dan membunuh Raden Pabelan,” kata dia.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Raden Pabelan akhirnya meninggal dengan hujaman puluhan keris di badannya. Sang pujaan hati, Putri Sekar Kedaton sangat sedih melihat Raden Pabelan tewas mengenaskan seperti itu. Akhirnya, dia bunuh diri dengan terjun ke sumur yang ada di kaputren. “Konon, mayat sang putri juga tidak diangkat sebagai simbol hukuman yang adil dari sang raja,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo.

Bukan hanya memunculkan mitos larangan menikah orang Mayang dan Pajang, hal tersebut juga menjadi pemicu perang Mataram. Pasalnya, kakak dari Tumenggung Mataram yakni Panembahan Senopati juga menaruh dendam kepada sang raja.

Baca Juga: Biaya Endorsement Capai Rp150 Juta, Siapa Sebenarnya Rachel Vennya?

“Konon, dalam perjalanannya sebelum diselamatkan Panembahan Senopati dari hukuman buangnya Tumenggung Mayang pernah berserapah bahwa siapapun orang yang lahir dari tanah Mayang tidak boleh menikahi orang yang lahir dari tanah Pajang,” katanya.

Konon katanya jika ada yang melanggar mitos larangan menikah ini, rumah tangganya akan mendapatkan kesialaan dan perundungan.

Baca Juga: 8 Kampus di Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

“Sumpah serapah ini yang menjadi sumber akan mitor bahwa orang daerah Mayang dianjurkan untuk tidak menikah dengan orang daerah Pajang. Namun mitos tetaplah mitos, ada yang percaya tapi banyak yang tidak. Semua tergantung dengan sudut pandang kita terhadap budaya dan kasus yang sudah ada. Percaya tidak percaya, bagaimana Anda menyikapinya,” pungkas dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Doa Ketika Terjadi Gunung Meletus, Agar Terhindar dari Bahaya

Berikut ini terdapat bacaan doa yang bisa dilafalkan ketika ada bencana alam gunung meletus menurut ajaran Islam, agar terhindar dari bahaya.

Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Nah bagi Anda kaum pria yang sedang berusaha menaklukkan hati si dia, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa penyebab perempuan cerdas cenderung sulit jatuh cinta.

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.