SOLOPOS.COM - Salah satu air terjun di Karanganyar, Jawa Tengah. (Twitter Pemkab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Siapa yang tidak kenal dengan objek wisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wilayah yang terletak di lereng Gunung Lawu ini memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa.

Kabupaten ini juga mempunyai potensi yang mendukung bidang industri, pertanian, dan juga pariwisata. Wilayah dengan sejuta pesona ini pun sering dijuluki sebagai Bumi Intan Pari. Tahukah Anda apa makna julukan tersebut?

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Intanpari merupakan akronim dari industri, pertanian, dan pariwisata. Yang mana ketiga bidang ini merupakan sebagai penggerak dari ekonomi Kabupaten Karanganyar. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar terus bergerak dan memajukan tiga bidang ini, agar wilayahnya dapat lebih dikenal dan dapat memajukan kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Terjang Karanganyar, Pohon Tumbang Timpa Satu Korban

Ekspedisi Mudik 2024

Pariwisata merupakan bidang yang paling menonjol bagi kabupaten di lereng Gunung Lawu tersebut Karanganyar. Sektor ini menjadi bagian utama dalam menggerakkan ekonomi sekeligus menjadi ikon Bumi Intanpari.

Sebagai informasi, Karanganyar terkenal dengan keindahan alamnya yang hijau dan asri, pemandangan yang indah, dan udara yang segar dan sejuk. Letak kotanya yang berada di lereng Gunung Lawu menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat.

Baca juga: DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wisata Karanganyar

Dengan begitu Karanganyar dikenal memiliki segudang tempat wisata. Mulai dari wisata alam hingga taman hiburan ada di sana Wisata alam yang terkenal di masyarakat seperti Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Kebun Teh Kemuning, Air Terjun Pringgodani, gunung Lawu, dll.

Wisata ke taman hiburan di Karanganyar juga bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi seperti, Agrowisata Sondokoro, Lawu Park, Sakura Hills, dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang banyak tempat wisata yang dibangun di sekitar lereng Gunung Lawu.

Baca juga: Senin Besok Obor Pesonas Singgah di Karanganyar

Selain potensi wisata, hasil pertanian dan perkebunan di Karanganyar juga sangat kaya. Bukan hanya padi, hasil perkebunan sayur, buah, serta tanaman obat dan palawija pun begitu melimpah. Potensi ini bisa dimaksimalkan sebagai destinasi wisata baru untuk Karanganyar, yaitu wisata pertanian.

Hasil perkebunan yang terkenal di Karangnyar yaitu buah durian. Karena banyak ditemukan kebun Durian di daerah Karanganyar, lantaran banyak warga yang membudidayakan tanaman tersebut. Pemkab pun sempat menggelar Festival Durian pada 2018 lalu yang menyedot perhatian masyarakat.

Baca juga: Perantau Karanganyar akan Dirikan Korwil di Ibu Kota Negara Baru

Tak hanya dua bidang tersebut, Karanganyar juga terkenal di bidang industrinya. Ada banyak pabrik besar di Karanganyar yang tersebar di kawasan Sroyo, Kebak Kramat, dan Palur. Pabrik-pabrik tersebut di antaranya PT. Lombok Gandari, PT. Indatex Palur, PT. Jamur Air Mancur, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya