SOLOPOS.COM - Seorang warga berada di mulut Gua Putri Kencana, Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Asal Usul penamaan Gua Putri Kencana karena dipercaya menjadi tempat tinggal putri.

Solopos.com, WONOGIRI – Pracimantoro menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Wonogiri yang memiliki potensi wisata alam berupa sejumlah gua. Salah satunya adalah Gua Putri Kencana yang berada di Desa Wonodadi, Pracimantoro.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Nama Putri Kencana untuk gua tersebut ternyata memiliki cerita tersendiri. Masyarakat di sekitar gua percaya gua yang berada di salah satu bukit tak jauh dari kantor kepala desa itu merupakan tempat tinggal dari seorang putri bernama Putri Kencana.

Menurut petugas penjaga Gua Putri Kencana, Darmadi, nama Gua Putri Kencana ditetapkan pada 22 Januari 1991 lalu. Pemberian nama tersebut telah melalui kesepakatan dari sejumlah tokoh masyarakat dan sesepuh setempat.

Dia mengatakan pemberian nama tersebut didasarkan pengalaman sejumlah warga yang mengaku melihat sesosok putri di gua tersebut yang bernama Putri Kencana. “Jadi cerita itu tidak asal-asalan. Itu benar-benar dari pengalaman warga,” kata dia kepada , beberapa waktu lalu.

Ia bercerita, Gua Putri Kencana awalnya ditemukan pada 1 Januari 1991 pukul 10.00 WIB oleh warga setempat yang menggali batu lintang di lereng Bukit Gandok. Salah satu di antaranya adalah Wasino.

Saat menggali batu, tiba-tiba dia dan teman-temannya menemukan lubang kecil. Karena penasaran, dia memasuki lubang tersebut. Saat ditelusuri, ternyata lubang itu merupakan mulut gua yang masih tertutup.

“Setelah ditelusuri, ternyata di dalam gua tersebut dipenuhi batuan putih seperti batu pualam [stalagtit dan stalagmit],” kata dia. Selanjutnya warga bersama tokoh masyarakat melakukan penggalian dan pengukuran gua. Gua tersebut memiliki kedalaman sekitar 121 meter dengan lebar rata-rata empat meter.

Saat ini Gua Putri Kencana telah dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata. Menurutnya jumlah pengunjung ke gua tersebut telah mencapai 100 orang setiap harinya pada hari-hari libur.

Menurut Camat Pracimantoro, Warsito, Gua Putri Kencana menjadi salah satu objek wisata di Pracimantoro. Tak jauh dari gua tersebut di Pracimantoro juga terdapat Museum Karst Indonesia.

“Kami berharap lokasi wisata di Pracimantoro terus berkembang dan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya