Ilustrasi bakso. (Solopos-dok)

Solopos.com, WONOGIRI Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Bola-bola daging tersebut biasa disajikan dengan kuah panas dari kaldu bening atau dipakai campuran masakan lain.

Seporsi bakso biasanya dilengkapi dengan mi, bihun, sawi, tahu, hingga taburan bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan digemari semua kalangan di Indonesia.

Anda bisa menemukan bakso di restoran mewah hingga pedagang kaki lima yang berkeliling menggunakan gerobak.

Diduga Salah Minum Obat, Balita di Madiun Meninggal dengan Kulit Melepuh

Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (4/12/2019), sampai saat ini tidak jelas dari mana asal kuliner bakso yang begitu lezat. Ada yang berpendapat bakso merupakan kuliner peranakan Tionghoa-Indonesia. Sebab, kata bak-so dalam bahasa Hokkien secara harfiah berarti daging giling.

Terkuak! Ini Rahasia Pijat Alat Vital Ala Mak Erot

Bakso di Indonesia umumnya dibuat dari bahan dasar daging sapi atau ayam dengan campuran tepung pati agar rasanya kenyal.

Hampir setiap wilayah di Indonesia punya bakso andalan. Namun, bakso yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah.

Ada Roti Jangkrik di Inggris, Rasanya Diklaim Lezat

Lihat saja, hampir setiap kedai Bakso Wonogiri selalu ramai didatangi pembeli. Bakso Wonogiri punya rasa yang khas dari kuliner bakso lainnya.

Lantas, tahukah Anda dari mana asal-usul bakso Wonogiri?

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Berdasarkan penelusuran jurnalis Solopos, Cahyadi Kurniawan, bakso Wonogiri konon berasal dari Girimarto, Wonogiri, Jawa Tengah.

Bakso Wonogiri terkenal lantaran penduduk lokal yang merantau ke kota. Kebanyakan dari mereka mengadu nasib di perantauan dengan berdagang bakso.

Apple Watch Series 5 Segera Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Seperti usaha Bakso Titoti yang berkembang pesat hingga memiliki 18 cabang di beberapa wilayah, termasuk Jakarta. Bermula dari dagang keliling menggunakan pikulan, usaha Bakso Titoti lambat laun berkembang sangat pesat.

Patut Dicoba! Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Bakso Wonogiri punya ciri khas, yakni berkuah bening lantaran dibuat dari air rebusan tulang sapi. Tekstur bakso Wonogiri juga sangat lembut dan kenyal lantaran campuran daging sapi dan tepung dengan takaran khusus yang digiling halus.

Desa Wisata Durian Ada di Wonogiri, Segera Kunjungi!

Ustaz Abdul Somad Gugat Cerai Istri, Apa Sebabnya?

Harga bakso Wonogiri di Kota Solo, Jawa Tengah, juga sangat murah. Seporsi bakso Wonogiri di warung pinggir jalan biasanya dijual seharga Rp8.000 hingga Rp10.000. Sementara mi ayam Wonogiri dibanderol Rp6.000 hingga Rp10.000.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten