SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

HARARE— Zimbabwe jelas bukan tandingan sepadan buat Brazil, pemegang gelar lima kali juara dunia. Kans Tim Samba berpesta gol pun terbuka lebar.

Tak lama setelah tiba di Afrika Selatan (Afsel) pekan lalu, Brazil langsung mengumumkan agenda uji coba. Kaka cs dijadwalkan terbang ke Harare untuk menjajal Timnas Zimbabwe, Rabu (2/6), sebelum meladeni Tanzania, empat hari berselang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di atas kertas, Brazil bakal sulit dibendung. Untuk sekadar mengimbangi pun sudah menjadi prestasi luar biasa bagi Zimbabwe. Jika tak ada kejutan luar biasa, Tim Samba kemungkinan bakal menang mudah.

Inilah saatnya mengasah efektivitas meriam Tim Samba, sebelum pasukan Carlos Dunga melakoni partai pertama Grup G Piala Dunia 2010 kontra salah satu kekuatan benua Asia, Korea Utara, Selasa (15/5) pekan depan.

Sejak tiba di Afrika Selatan, sang pelatih, Dunga, enggan mengikuti tren tim-tim lain yang menyembunyikan susunan starting XI. Sang arsitek justru terang-terangan memamerkan rancangan skuat utamanya dalam sesi latihan reguler.

Tim tersebut tampaknya juga bakal diturunkan untuk meladeni Zimbabwe. Jika tidak ada hantu cedera, Brazil diprediksi menurunkan formasi yang terdiri atas Julio Cesar, Maicon, Lucio, Juan, Michel Bastos, Gilberto Silva, Felipe Melo, Elano, Kaka, Robinho dan Luis Fabiano.

Keputusan Dunga mematangkan skuat regulernya tersebut bukan tanpa alasan. Ia ingin atmosfer Piala Dunia dibangun sedini mungkin. Alhasil, pasukan Samba sudah benar-benar siap ketika gerbang turnamen dibuka.

“Setiap hari kami berpikir tentang Piala Dunia. Segalanya dimulai dari pikiran, Anda harus mulai bermimpi tentang apa yang akan terjadi,” ungkap gelandang Brazil, Melo, seperti dilansir canadianpress.com, Selasa (1/6).

Kendati gairah membukukan hasil gemilang di partai persahatan sangat besar, Samba tak mau terlalu memforsir diri. Tenaga tetap harus dihemat supaya benar-benar bugar ketika menjalani partai pertama yang sangat krusial.

“Seiring berjalannya waktu, kelelahan meningkat. Ini tak bisa dihindarkan,” tukas Melo.
Dalam kesempatan itu, Melo juga menegaskan hubungannya dengan Kaka baik-baik saja. Keduanya diberitakan terlibat perselisihan, setelah Melo melakukan tekel berbahaya terhadap bintang Real Madrid itu dalam sebuah sesi latihan.

Federasi Sepak bola Brazil (CBF) juga membantah kabar tak sedap yang sudah telanjur tersebar di media itu. “Felipe Melo merasa ia disalahkan atas sesuatu yang tidak ia lakukan. Ia adalah teman Kaka,” tegas CBF.

Partai persahabatan antara Brazil dan Zimbabe diklaim sebagai pertandingan internasional dengan tiket termurah. CEO Federasi Sepak bola Zimbabwe (Zifa), Henrieeta Rushwaya, menjelaskan penonton hanya perlu merogoh uang senilai US$10 (sekitar Rp 92.000) untuk menyaksikan aksi bintang-bintang Tim Samba.

JIBI/SOLOPOS/yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya