AS dan Nato Waswas Putin Nekat Gunakan Nuklir di Ukraina

Amerika Serikat dan sekutunya khawatir Rusia menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina. Ancaman itu diungkapkan penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan sembari menegaskan kembali kekhawatiran Gedung Putih atas ancaman Vladimir Putin yang semakin berbahaya.

 Ilustrasi-- Senjata nuklir. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi-- Senjata nuklir. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Amerika Serikat dan sekutunya akan bertindak “tegas” jika Rusia menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina. Ancaman itu diungkapkan penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan sembari menegaskan kembali kekhawatiran Gedung Putih atas ancaman Vladimir Putin yang semakin berbahaya.

“Kami telah berkomunikasi secara langsung, secara pribadi dan pada tingkat yang sangat tinggi kepada Kremlin bahwa setiap penggunaan senjata nuklir akan menimbulkan konsekuensi bencana bagi Rusia. AS dan sekutu kami akan merespons dengan tegas, dan kami telah dengan jelas dan spesifik tentang apa yang diperlukan,” kata Sullivan seperti dikutip TheGuardian.com, Senin (26/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sullivan mengatakan bahwa pemimpin Rusia telah memicu penggunaan senjata  nuklir di berbagai titik melalui konflik” dan hal itu adalah masalah yang harus “dianggap serius oleh pemerintahan Biden karena menyangkut penggunaan senjata nuklir.”  Pejabat keamanan pemerintah AS itu mengatakan bahwa ancaman nuklir Rusia terhadap Ukraina, termasuk memperluas payung nuklirnya di bagian timur negara itu yang masih diperebutkan tujuh bulan setelah invasinya, tidak akan membelokkan AS dan sekutunya.

Baca Juga Konversi ke Kompor Listrik Belum Berlaku Tahun Ini

“Kami akan terus mendukung Ukraina dalam upayanya untuk mempertahankan negaranya dan mempertahankan demokrasinya,” kata Sullivan. Dia merunuk pada bantuan lebih dari US$15 miliar dalam bentuk senjata, termasuk sistem pertahanan udara, ratusan artileri dan peluru artileri yang dipasok ke Ukraina.

Dia mengatakan bahwa mobilisasi pasukan Moskow adalah “referensi palsu di wilayah pendudukan” yang tidak akan menghalangi AS.  “Apa yang telah dilakukan Putin bukanlah tanda kekuatan atau kepercayaan diri. Terus terang, hal itu itu adalah tanda bahwa mereka tengah berjuang keras,” kata Sullivan.

Akan tetapi, Sullivan menambahkan “terlalu dini untuk membuat prediksi yang komprehensif” tentang runtuhnya pasukan Rusia. “Saya pikir apa yang kita lihat adalah tanda-tanda perjuangan yang luar biasa di antara orang-orang Rusia,” katanya.

Baca Juga Pemerintah akan Bagikan 300.000 Paket Kompor Listrik

Anda memiliki moral yang rendah, di mana para prajurit tidak ingin berperang. Tidak ada yang bisa menyalahkan mereka karena mereka tidak ingin menjadi bagian dari perang penaklukan Putin di negara tetangga mereka, katanya.

Sullivan mengatakan Rusia bahwa sedang berjuang tetapi masih tetap menjadi musuh yang berbahaya dan mampu melakukan kebrutalan yang hebat. Dia menyinggung situs pemakaman massal yang berisi ratusan kuburan yang ditemukan pasukan Ukraina setelah merebut kembali Izium dari Rusia.

Dalam wawancara terpisah dengan CBS, presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan dia tidak yakin dengan ancaman nuklir Putin.  “Mungkin kemarin itu gertakan.  Dia ingin menakuti seluruh dunia,” katanya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul AS dan Nato Ancam Putin Nekat Gunakan Nuklir di Ukraina

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Survei Cawapres 2024, 2 Lembaga Tempatkan Ridwan Kamil di Posisi Tertinggi

      Survei Cawapres 2024 di dua lembaga survei menempatkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di posisi teratas sebagai cawapres 2024.

      Archevent 2022, Tumbuhkan Kesadaran Menjaga Keamanan lewat Pameran Virtual

      Program Studi Arsitektur UNS menggelar acara Archevent 2022 dengan mengusung tema Raising Awareness Through Architecture.

      Kemenkes Fokuskan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Masyarakat

      Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memberikan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi fasilitas kesehatan hingga program yang bersifat promotif preventif.

      Hari Ini, DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

      Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).

      Polisi Buru Pengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi di Karawang

      Adapun aksi orang mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi itu terekam dalam dua video yang berdurasi 54 dan 60 detik.

      Babak Pertama Usai, Maroko Atasi Kanada 2-1  

      Maroko  mengalahkan Kanada 2-1 pada babak pertama pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha.

      Bareskrim Limpahkan Berkas Tahap II Tiga Tersangka Korupsi BPD Jateng ke JPU

      Penyidik Dittipikor Bareskrim Polri melimpahkan tahap II tiga tersangka dan barang bukti perkara dugaan korupsi BPD Jawa Tengah Cabang Jakarta periode 2017-2019 JPU, Kamis (1/12/2022).

      KPK Umumkan 10 Desa Antikorupsi di Indonesia, Skor Tertinggi Ada di Semarang

      KPK meluncurkan Desa Antikorupsi tahun 2022 dengan skor tertinggi, yaitu 96,75 diraih Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

      Kisah Pemilik @pepow.works, dari Cari Cuan buat Jajan Kini Jualan ke Luar Jawa

      Pemilik usaha @pepow.works, Anisa Wahyuni, mengaku hanya ingin mendapatkan tambahan uang jajan saat kali pertama menjalankan usahanya.

      Polda Sumut Sita Aset senilai Rp158 Miliar Milik Bos Judi Daring Apin BK

      Panca menyebutkan, dalam kasus TPPU ini, pihaknya telah menyita 26 aset rumah/ruko milik Apin BK.

      Sejuknya Suasana Masjid Nurul Huda UNS, Tempat Beribadah dan Menenangkan Diri

      Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Nurul Huda juga menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai pembentuk moral islami kepada civitas muslim UNS.

      BNPT: Kelompok Teroris Gunakan Internet untuk Propaganda

      Kelompok ekstremisme melakukan rekrutmen dan perencanaan hingga pendanaan tindak pidana terorisme yang menargetkan anak muda dan perempuan untuk melakukan aksi teror.

      Ucapan Terakhir Brigadir Yosua: Eh Kenapa Pak, Ada Apa Pak?

      Dalam posisi badan Yosua masih bergerak-gerak dan mulut mengerang kesakitan, Ferdy Sambo mendekat dan menembak kepala anak buahnya itu.

      Masa Depan Indonesia Cerah dari Energi Bersih

      Sumber energi terbarukan yang lebih bersih di Indonesia sangat berlimpah dan belum dimanfaatkan dengan maksimal.

      Kemendikbud Luncurkan Sistem Seleksi Masuk PTN 2023, Ini Jadwalnya

      Ada tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru pada 2023.